Kepuasan Pengguna Wika Solar Water Heater Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index Pada CV Vania Jaya Plumbing
DOI:
https://doi.org/10.52072/arti.v16i2.257Keywords:
Customer Statisfaction Index (CSI), Importance performance analysis (IPA), Wika Solar Water HeaterAbstract
Wika Solar Water Heater merupakan pemanas air yang memanfaatkan tenaga matahari sebagai sumber energi yang aman dan ramah lingkungan. Produk wika solar water heater ditujukan untuk keperluan perumahan/residensial dan komersial seperti Hotel, Apartemen, Rumah Sakit, Industri dan sebagainya. Banyaknya perusahaan lain yang menawarkan produk dalam bisnis water heater saat ini menimbulkan permasalahan yang harus dihadapi oleh pihak perusahaan. Hal utama dalam permasalahan yang dihadapi seperti kualitas layanan yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada pelanggan. Berdasarkan data tersebut peneliti merasa perlu dilakukannya penelitian untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan, metode yang dapat digunakan diantaranya Importance performance analysis (IPA) dan Customer Statisfaction Index (CSI). Importance performance analysis memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan metode lain. Hasil dari penelitian ini Peneliti memperoleh nilai IPA untuk sumbu x sebesar 3,36 dan nilai untuk sumbu y sebesar 3,38. Sedangkan untuk nilai CSI sebesar 0,672 atau 67,2% yang berarti pada kisaran antara 0,61-0,80. Berdasarkan hasil CSI tersebut, maka kualitas pelayanan pada CV Vania Jaya Plumbing tersebut merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan selama ini.
Downloads
References
Armadi, D.A., Sasongko, H., dan Wihartika, D., 2019, Studi Kepuasan Pelanggan Terhadap Kinerja Jasa Layanan PDAM dengan Metode Importance performance analysis. e-ISSN: 2502-5678
Ayuni, N.W.D., Adiakas, I.M.A dan Sari, I.G.A.M.K.K., 2017, Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Produk Kopi Bijik Salak. Bali: Politeknik Negeri Bali.
Chandra, T., dan Novia D., 2019, Analisis kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan menggunakan metode customer satisfaction index (CSI) dan Importance performance analysis (IPA) pada optic "JAKARTA" Optical Pekanbaru. e-ISSN 2580-3743.
Dwi M.N., 2015, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Layanan, dan Harga Produk Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Prabayar Telkomsel, Jurnal OE, 7(2), 58-174.
Fitra, 2017, Kinerja Pengelola Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka Kecamatan Tanah Putih Rokan Hilir, Prosiding Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Jilid 1, LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.
Fitra, 2017, Pengukuran Kinerja Karyawan PT X di Kota Dumai, Jurnal UNITEk VOL 10 No.1.
Febrianti, Atika., Indriani, Sri dan Adriantantri, Emmalia, 2021, Pengukuran Kepuasan Penmpang Terhadap Pelayanan Jasa Penyebrangan Laut Dengan MEtode Servic Quality dan Importance performance analysis (Studi Kasus PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Singkil). e-ISSN: 2614-8382.
Indrajaya, D., 2018, Analisis Kualitas Pelayanan T erhadap Tingk at Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance performance analysis dan Customer satisfaction index Pada UKM Gallery. ISSN: 2580-4308
Komalig, Anastasya L., 2013, Manajemen Hubungan Pelanggan dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Debitor Pada PT. Bank Sulut Cabang Calaca Manado. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2009, Manajemen Pemasaran, Diterjemehkan oleh Bob sabran. Jilid 1, Jakarta: Erlangga.
Melliana, Yusrizal, Mesra, T., dan Fitra, 2019,Tingkat Pelayanan Swalayan XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Dumai, Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), Vol 2 No 4.
Melliana, Yusrizal, Mesra, T., dan Fitra, 2019,Tingkat Pelayanan Swalayan XYZ Terhadap Kepuasan Konsumen Di Kota Dumai, Talenta Conference Series: Energy and Engineering (EE), Vol 2 No 4.
Rahmadhani, Fahrizal Eka, 2017, Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Untuk Mengetahui Kepuasan Pelanggan Nethost Menggunakan Metode Importance performance analysis. ISSN: 2355-9357.
Rondonuwu, Priscilia D, 2013, Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March Pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013.
Sampurno, Hasna Rahagi dan Sharif, Osa Omar, 2020, Penerapan Customer satisfaction index (CSI) dan Importance performance analysis (IPA) Pada Kualitas Pelayanan Gojek (Studi Pelanggan di Kota Bandung). ISSN: 2614-0365.
Sangadji, E.M., dan Sopiah, 2013, Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J, 2001, Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan. Jakarta: Bineka Cipta.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ke tiga, Andi.Yogyakarta
Utami, Ruli dan Atmojo, Suryo, 2017, Implementasi Metode Importance Performance Matrix Untuk Evaluasi dan Pengingkatan Pelayanan Perusahaan Jasa Care Cleaners. e-ISSN: 2503-2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.