Penentuan Tingkat Kritikal Pompa Reciprocating pada Plant Fatty Acid Menggunakan Metode RCM di PT Kuala Lumpur Kepong Dumai

Authors

  • Azmi Azmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Deo Ari Saputra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Novri Jenita Marbun Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.464

Keywords:

Pompa reciprocating, Preventive Maintenace, Reliability Centered Maintenance

Abstract

Pompa Reciprocating IM10B berfungsi mengalirkan fluida berupa air panas dari boiler ke ruang produksi. Pompa reciprocating di PT KLK Dumai sering mengalami kerusakan pada komponen seal yang sering bocor disebabkan oleh berbagai faktor sehingga mengakibatkan terganggunya proses produksi  pada plant fatty acid. Penelitian ini menggunakan metode RCM (Reliability Centered Maintenance) yang mana merupakan metode kualitatif yang memanfaatkan informasi data perusahaan dari setiap komponen-komponen peralatan yang berkenaan dengan kehandalan dan kelemahannya untuk menentukan tindakan perawatan yang harus dipilih. Hasil dari penelitian ini adalah menemukan solusi bahwa tindakan perawatan pompa reciprocating IM10B yang harus dilakukan diantaranya adalah melakukan evaluasi hubungan antara equipment dengan risiko yang dilakukan dengan perawatan yang dikombinasikan untuk komponen Piston. Pada komponen seal dan bearing dilakukan dengan cara penggantian secara terjadwal dari time-limet component, sedangkan komponen oil level harus dilakukan pemeriksaan secara berkala terhadap fungsi equipment. Komponen kotak isian dan pressure pump dilakukan dengan cara pengawasan oleh operator atau pengontralan sistem secara berkala (perbaikan dilakukan hanya jika diperlukan). Berdasarkan penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa pengimplementasian metode RCM pada pompa IM10B yaitu dengan melakukan pemilihan sistem dan pengumpulan informasi, mendefiniskan batasan sistem, mendeskripsikan sistem dan functional diagram block, penentuan fungsi sistem dan kegagalan fungsi, Failure Mode Analysis (FMEA), Logic Tree Analysis (LTA) dan task selection.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dyah. Rinawati, Purwanggono. bambang, L. (2012) ‘Perencanaan Kegiatan Maintenance pada Sistem Pipe Making Line dengan Pendekatan Reliability Centered Maintenance II (Studi Kasus PT Indonesia Steel Tube Works Semarang)’, Prosiding SNST ke-3, 1(1), pp. 18–23.

Hanif, R.Y., Rukmi, H.S. and Susanty, S. (2015) ‘Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury di PT.X dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA)’, Reka Integra, 3(3), pp. 137–147.

Hendro, Asisco, Kifayah Amar, Y.R.P. (2012) ‘Usulan Perencanaan Perawatan Mesin Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) di PT. Perkebunan Nusantara VII (Persero) Unit Usaha Sungai Niru Kab. Muara Enim’, Kaunia, 8(2), pp. 78–98.

Mesra, T.. M.F. and Amanda, R. (2018) ‘Maintenance Pompa Reciprocating 211/212 Pm-4 a/B Menggunakan Metode RCM Di Pt Pertamina (Persero) Refinery Unit II Dumai’, Buletin Utama Teknik, 13(3), pp. 175–183.

R. Kusumastuti, Setiawan, P.A. dan S.A. (2018) ‘Perencanaan Kegiatan Preventive Maintenance pada Pompa Menggunakan Metode RCM II (Reliability Centered Maintenance) dengan Mengaplikasikan Grey FMEA di Perusahaan Minyak dan Gas Bumi’, Proceeding 1st Conference on Safety Engineering and Its Application, 1(1), pp. 334–340.

Samsul Huda, M., Yudha Tripariyanto, A. and Komari, A. (2021) ‘Perencanaan Predictive Dan Preventive Maintenance Pada Pompa SWLP (Sea Water Lift Pump) Dengan Menggunakan Metode RCM (Reliability Centered Maintenance) Di Saka Indonesia Pangkah Limited’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Teknik Industri Universitas Kadiri, 3(1), pp. 37–51.

Supriyadi, S., Jannah, R.M. and Syarifuddin, R. (2018) ‘Perencanaan Pemeliharaan Mesin Centrifugal dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance pada Perusahaan Gula Rafinasi’, JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), pp. 139–147.

Zein, I., Mulyati, D. and Saputra, I. (2019) ‘Perencanaan Perawatan Mesin Kompresor Pada PT. Es Muda Perkasa Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM)’, Jurnal Serambi Engineering, 4(1), pp. 383–391.

Published

2022-11-29

How to Cite

Azmi, A., Ari Saputra, D. ., & Jenita Marbun, N. (2022). Penentuan Tingkat Kritikal Pompa Reciprocating pada Plant Fatty Acid Menggunakan Metode RCM di PT Kuala Lumpur Kepong Dumai. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(2), 185-195. https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.464

Most read articles by the same author(s)