Penerapan Marketing Strategy Dan Quantitative Strategic Planning Matrix Pada Umkm Batako Sari Dumai

Authors

  • Tuty Alawiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Azmi Azmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Soni Fajar Mahmud Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v17i1.351

Keywords:

Quantitative Strategic Planning Matrix, Segmentation Targetting Positioning, Strategi, Streght Weakness Opportunities Threats

Abstract

Batako Sari Dumai merupakan salah satu UMKM yang memproduksi batako, pavin block, cansteen jalan, gorong-gorong, batu angin-angin, dan gress block di Kota Dumai. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, kurang baiknya strategi serta ketatnya persaingan membuat  usaha  Batako  Sari  Dumai  mengalami  masalah  yang mengganggu stabilitas penjualannya. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pendapatan sejak 2 tahun terakhir mengalami penurunan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut Peneliti merumuskan strategi terbaik yang dapat digunakan Batako Sari Dumai kedepannya untuk mengembangkan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode  quantitative  strategic  planning  matrix  (QSPM). Perhitungan  metode  QSPM  didahului  dengan  analisis  strength weakness opportunities threats (SWOT) dan segmentation, targeting, dan positioning (STP).

Hasil penelitian menunjukkan total skor nilai internal factor evaluation (IFE) adalah 2,855 dan nilai external factor evaluation (EFE) adalah 2,9565. Dari analisa SWOT dan STP diperoleh sebanyak 8 strategi yang dapat diterapkan  Batako Sari Dumai. Dan  strategi  prioritas berdasarkan penerapan metode QSPM adalah melakukan promosi baik melalui media cetak ataupun internet, meningkatkan manajemen perusahaan menjadi lebih baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, serta mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas untuk meningkatkan pangsa pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amstrong dan Kotler, 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Prenhalindo. Jakarta: Erlangga

Fitra, Melliana, Mesra, T., Azmi, dan Habibillah, M.F., (2022), Strategi Pengembangan Usaha Roti Ganto Dengan Menggunakan Matriks Perumusan Strategi Dan Software Expert Choice, Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 1, Juni 2022, Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri.

Hanafi, I., Hubeis, A. V. S., dan Raharja, S. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Suku Cadang Otomotif dan Elektonik Berbahan Karet di PT BesQ Sarana Abadi. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 167-174. ISSN: 2085-8418

Hernawan, Y., dan Dewi, S. W. K. (2019). Development Of Business Strategies Using Swot Analysis In Palasari Coffee Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(1), 14-28. ISSN: 2579-4744

Kurniawan, A., 2018. Dasar-dasar marketing. Yogyakarta: Quadrant.

Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Studi Kasus Keripik

Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), ISSN 1235-

Mahanani, E. (2021). Telaah Strategi Pemasaran: Upaya Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Perbankan, 8(2), 26-36. ISSN: 2746-9948.

Mananeke, L., dan Rogi, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bp-Smart Protection Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). ISSN:

-5784

Rangkuti, F., 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sari, M. W. (2018). Analisis Segmenting Targeting dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Regional Pada UMKM Christine Hakim Di Padang. Jurnal Ekobistek, 7(1). ISSN: 2301-5268

Susilowati, A., Yusuf, A., Amanda, B. F., Wahyuni, A., dan Sanjaya, V. F. (2020).

Analisis Strategi Keunggulan Bersaing dengan Pendekatan Analisis Swot dan

Metode Qspm (Studi Kasus Murbay Konveksi). jurnal of admiration,1(3), 124-

ISSN: 2722-2782

Yusuf, M., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.

Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2022-07-04

How to Cite

Alawiyah, T., Azmi, A., & Fajar Mahmud , S. . (2022). Penerapan Marketing Strategy Dan Quantitative Strategic Planning Matrix Pada Umkm Batako Sari Dumai. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(1), 48–56. https://doi.org/10.52072/arti.v17i1.351

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)