Penerapan Marketing Strategy Dan Quantitative Strategic Planning Matrix Pada Umkm Batako Sari Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/arti.v17i1.351Keywords:
Quantitative Strategic Planning Matrix, Segmentation Targetting Positioning, Strategi, Streght Weakness Opportunities ThreatsAbstract
Batako Sari Dumai merupakan salah satu UMKM yang memproduksi batako, pavin block, cansteen jalan, gorong-gorong, batu angin-angin, dan gress block di Kota Dumai. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, kurang baiknya strategi serta ketatnya persaingan membuat usaha Batako Sari Dumai mengalami masalah yang mengganggu stabilitas penjualannya. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah pendapatan sejak 2 tahun terakhir mengalami penurunan. Berdasarkan dari permasalahan tersebut Peneliti merumuskan strategi terbaik yang dapat digunakan Batako Sari Dumai kedepannya untuk mengembangkan usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quantitative strategic planning matrix (QSPM). Perhitungan metode QSPM didahului dengan analisis strength weakness opportunities threats (SWOT) dan segmentation, targeting, dan positioning (STP).
Hasil penelitian menunjukkan total skor nilai internal factor evaluation (IFE) adalah 2,855 dan nilai external factor evaluation (EFE) adalah 2,9565. Dari analisa SWOT dan STP diperoleh sebanyak 8 strategi yang dapat diterapkan Batako Sari Dumai. Dan strategi prioritas berdasarkan penerapan metode QSPM adalah melakukan promosi baik melalui media cetak ataupun internet, meningkatkan manajemen perusahaan menjadi lebih baik dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, serta mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas untuk meningkatkan pangsa pasar.
Downloads
References
Amstrong dan Kotler, 2012. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Prenhalindo. Jakarta: Erlangga
Fitra, Melliana, Mesra, T., Azmi, dan Habibillah, M.F., (2022), Strategi Pengembangan Usaha Roti Ganto Dengan Menggunakan Matriks Perumusan Strategi Dan Software Expert Choice, Jurnal Teknik Industri Vol. 8, No. 1, Juni 2022, Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri.
Hanafi, I., Hubeis, A. V. S., dan Raharja, S. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing Produk Suku Cadang Otomotif dan Elektonik Berbahan Karet di PT BesQ Sarana Abadi. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(2), 167-174. ISSN: 2085-8418
Hernawan, Y., dan Dewi, S. W. K. (2019). Development Of Business Strategies Using Swot Analysis In Palasari Coffee Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(1), 14-28. ISSN: 2579-4744
Kurniawan, A., 2018. Dasar-dasar marketing. Yogyakarta: Quadrant.
Jamira, A. (2017). Analisis Segmentasi, Targeting dan Positioning Studi Kasus Keripik
Kentang Leo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), ISSN 1235-
Mahanani, E. (2021). Telaah Strategi Pemasaran: Upaya Meningkatkan Daya Saing Pasar Bisnis Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Perbankan, 8(2), 26-36. ISSN: 2746-9948.
Mananeke, L., dan Rogi, M. (2018). Analisis Pengaruh Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bp-Smart Protection Di Ajb Bumiputera 1912 Cabang Sam Ratulangi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). ISSN:
-5784
Rangkuti, F., 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sari, M. W. (2018). Analisis Segmenting Targeting dan Positioning Untuk Merumuskan Strategi Pemasaran Regional Pada UMKM Christine Hakim Di Padang. Jurnal Ekobistek, 7(1). ISSN: 2301-5268
Susilowati, A., Yusuf, A., Amanda, B. F., Wahyuni, A., dan Sanjaya, V. F. (2020).
Analisis Strategi Keunggulan Bersaing dengan Pendekatan Analisis Swot dan
Metode Qspm (Studi Kasus Murbay Konveksi). jurnal of admiration,1(3), 124-
ISSN: 2722-2782
Yusuf, M., 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.
Jakarta: Kencana.