Penerapan Perawatan Mesin Excavator Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Di PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai

Authors

  • Milton Hutabarat Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Trisna Mesra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Azmi Azmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.538

Keywords:

Excavator, FMEA, LTA, Perawatan, RCM

Abstract

Perawatan dilakukan untuk mengatur dan menetapkan langkah-langkah perawatan yang dilaksanakan, agar langkah perawatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik, efektif efisisen dan mudah untuk dilaksanakan. Sehingga perusahaan melakukan perawatan pencegahaan yang terjadwal secara terus menerus pada excavator yang di PT Pelindo I Cabang Dumai. Berdasarkan dari permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian penerapan perawatan menggunakan metode reliability centered Maintenance (RCM) untuk menentukan tindakan perawatan terhadap alat Excavator di PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai. Dari hasil pengolahan data menunjukkan nilai Risk priority Number  (RPN) dari mode kegagalan yang terjadi pada sub-sistem Hidrolic motor yaitu pada komponen block  dan Piston memiliki nilai yang tertinggi yaitu 72,  sedangkan  pada analisis  Logic Tree Analisys (LTA) menunjukkan dari mode kegagalan yang terjadi pada subsistem bootom roller dan top roller yaitu pada komponen housing-nya memiliki pengaruh yang dapat berdampak terburuk terhadap keselamatan operator. Sehingga ditentukan tindakan perawatan Evaluasi hubungan equipment dengan resiko dengan cara default decision perawatan yang dikombinasi no task, dan redesign diterapkan untuk perawatan komponen Motor Shaft, Housing Shaft, Piston, Valve, Ring gear dan Gear. Corrective maintenance dengan cara pengawasan oleh operator atau pengontrolan sistem dan operasikan sampai gagal diterapkan untuk perawatan Top Housing, Bootom Housing, Link, Pin, dan Valve.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyari, A. 2002, Manajemen Produksi Perencanaan Sistem Produksi Buku 1, Edisi Keempat, Yogyakarta: Bee UGM

Azwir, H.H., Wicaksono, A.I. And Oemar, H. (2020). Manajemen Perawatan Menggunakan Metode Rcm Pada Mesin Produksi Kertas. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 19(1), Pp. 12–21.

Fiatno, A., Jumali, D. And Misrianto (2018). Penerapan Reliability Centered Maintenance (Rcm) Pada Poros Roda Depan Isuzu Type Cxz-51 Aris. 1(1), Pp. 9–14.

Gasper, V. 1992, Analisis Sistem Terapan Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri, Bandung: Tarsito

Henry Fayol, 1841-1925, General And Industrial Management

Kurniawan, F. Manajemen Perawatan Industri Dan Aplikasi, Implementasi Total Productivemaintenance (Tpm), Preventive Maintenance Dan Reliability Centeredmaintenance (Rcm), Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta

Pranoto, H. 2015, Reliability Centered Maintenance, Mitra Wacana Media.

Prawirosentono, 2009, Manajemen Produksi, Bumi Aksara, Jakarta

Putriana, P., Ibrahim, B. And Bunari (2018). Sejarah Perkembangan Pelabuhan Kota Dumai Tahun 1980-2014. Jom Fkip, 5, Pp. 1–7.

Selviyanty, V., And Anderson, S. (2018). Optimasi Perawatan Sump Pit Pump P-1205 D Untuk Reprocessing Crude Oil. Jurnal Teknik Industri Terintegrasi (Jutin), 1(2), Pp. 36–44

Supriyadi, S., Jannah, R.M. And Syarifuddin, R. (2018). Perencanaan Pemeliharaan Mesin Centrifugal Dengan Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Pada Perusahaan Gula Rafinasi. Jisi: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), Pp. 139–147.

Zaini, M. (2019). Organization Structure. Keputusan Direksi Pt Pelabuhan Indonesia 1 (Persero), Dumai, Indonesia. Pelindo 1 Dumai.

Published

2023-05-31

How to Cite

Hutabarat, M., Mesra, T., & Azmi, A. (2023). Penerapan Perawatan Mesin Excavator Menggunakan Metode Reliability Centered Maintenance Di PT Pelindo I (Persero) Cabang Dumai. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 18(1), 80-90. https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.538

Most read articles by the same author(s)