Analisis Postur Kerja Penjahit Nur Tailor Menggunakan Metode Rappid Entire Body Assessment

Authors

  • Ranti Haryani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Azmi Azmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sirlyana Sirlyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v16i2.263

Keywords:

Nordic Body Map, Penjahit, Rappid Entire Body Assessment

Abstract

Penjahit Nur Tailor merupakan salah satu jasa penjahit yang ada di kota Dumai. Pekerjaan dengan posisi yang salah dan berulang-ulang dapat menyebabkan para penjahit sangat rentan untuk terkena gangguan MSDs, karena kurangnya pengetahuan dan pemahaman akan cara kerja yang baik dan benar. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat risiko cidera pada 2 orang penjahit pada saat menjahit atasan baju melayu laki-laki SMP 4 Dumai yang dilakukan oleh penjahit 1 dan menjahit atasan baju kotak-kotak laki-laki SMP 7 Purnama yang dilakukan oleh penjahit 2 dengan menggunakan kuesioner Nordic Body Map (NBM) untuk mengetahui cedera Musculoskeletal Disorders yang dialami pekerja, sedangkan untuk mengetahui tingkat risiko cedera pekerja menggunakan metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Hasil NBM yang paling berisiko cidera pada pekerja yaitu sakit pada leher atas dan bawah, bahu kiri dan kanan, batang tubuh, lengan atas kanan dan kiri, pinggang, bawah pinggang, pantat, lengan bawah kanan, pergelangan tangan kanan, paha kanan, lutut kanan, betis kanan, dan sakit pada kaki kanan. Tingkat resiko yang dialami penjahit  Nur Tailor dengan menggunakan metode REBA pada saat menjahit baju melayu adalah sedang dengan level resiko 4-5 dan diperlukan tindakan dalam waktu dekat. Untuk  tingkat resiko postur kerja pada saat menjahit kantong baju kotak-kotak adalah rendah dengan level risiko 3 dan dibutuhkan perbaikan postur kerja. Sedangkan tingkat risiko untuk postur melapisi kerah, menjahit badan, menjahit tangan dan menjahit kerah baju kotak-kotak adalah sedang dengan level risiko 4-5 dan diperlukan tindakan dalam waktu dekat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, M., 2017, Identifikasi Postur Kerja Secara Ergonomi untuk Menghindari Musculoskeletal Disorders, Jurnal Teknik Industri, ISSN: 2338-7122.

Astari, A., 2017, Gambaran Postur Kerja Petani Rumput Laut dengan Metode REBA di Pulau Kanalo Dua Kec. Pulau Sembilan Kab. Sinjai, Skripsi, Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin, Makasar.

Azmi, Fitra, dan Suroso, M., (2021), Penerapan Data Antropometri Dalam Perancangan Alat Pengupas Sabut Kelapa Ekonomis, Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), VOL.16 NO 1 (2021) Desember 2020 - Mei 2021, Hal: 94-99

Iridiastadi, H., dan Yassierli, 2014, Ergonomi Suatu Pengantar, PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Kurnia, F., dan Sobirin, M., 2020, Analisis Tingkat Kualitas Postur Pengemudi Becak Menggunakan Metode RULA dan REBA, Jurnal Engine Energi, Manufactur dan Material, Vol. 4, No. 1, ISSN: 2579-7433.

Rahman, A., 2017, Analisis Postur Kerja dan Faktor yang Berhubungan dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (Msds) pada Pekerja Beton Sektor Informal di Kelurahan Samata Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa, Skripsi, Sarjana Kesehatan Masyarakat, UIN Alauddin Makassar.

Restuputri, D.P., Lukman, M., dan Wibowo, 2017, Metode REBA untuk Pencegahan Musculoskeletal Disorder Tenaga Kerja, Jurnal Teknik Industry, Vol. 18, No. 01, ISSN 1978-1431.

Sutalaksana, I.Z., Anggawisastra, R., dan Tjakraatmadja, J.H., 2006, Teknik Perancangan Sistem Kerja, ITB, Bandung.Setiorini, A., Musyarofah, S., Mushidah, dan Widjasena, B., 2019, Analisis Postur Kerja dengan Metode REBA dan Gambaran Keluhan Subjektif Musculoskeletal Disorders MSDs pada Pekerja Sentra Industri Tas Kendal Tahun 2017, Jurnal Kesehatan, ISSN 2620-7761.

Supriyanto, 2011, Perancangan Postur Kerja pada Pekerja Bagian Pencucian dan Penggilingan Kedelai dengan Pendekatan REBA untuk Mengurangi Risiko MSDs, Skripsi, Teknik Industri, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Yulistyari, E.I., dan Setianah, P., 2018, Analisis Perbaikan Postur Kerja dengan Pendekatan Ergonomi pada Home Industry JKS Snack & Catering di Serang-Banten, Journal Industrial Manufacturing, Vol. 3, No. 1, ISSN: 2502-4582.

Published

2021-12-20

How to Cite

Haryani, R. ., Azmi, A., & Sirlyana, S. (2021). Analisis Postur Kerja Penjahit Nur Tailor Menggunakan Metode Rappid Entire Body Assessment. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(2), 184-191. https://doi.org/10.52072/arti.v16i2.263

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>