Implementasi Root Cause Analysis Pada Produk Tinta Neymar Untuk Mengurangi Cacat Produk
DOI:
https://doi.org/10.52072/arti.v19i2.1092Abstract
PT Epson Batam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri perakitan elektronika. Salah satu produk utama yang dihasilkan PT. EPSON Batam adalah Ink Cartridge, IC, dan Scanner beserta komponennya. Pada salah satu prosesnya yaitu proses inspection ditemukan beberapa reject yaitu sealing not full, inkplash, foreign material dan scratch. Adapun tujuan penelitian kali ini adalah meminimasi reject yang terjadi. Metode yang digunakan yaitu Root Cause Analysis dan Fault Tree Analysis. Dari hasil penelitian, cara untuk mengurangi cacat adalah dengan menambahkan sensor yang berfungsi untuk menghidupkan ekstra fan secara otomatis. Sehingga terjadi penurunan jumlah produk reject dari 21% menjadi 4%.
Downloads
References
Adita, Nurkholiq dkk. 2019. “Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) dalam Meningkatkan Kualitas Produk”. Jurnal Ekonologi Ilmu Manajemen 6.2 : 393-399
Afma, V.M. Merjani, A. And Ayu, F.P. 2023. Pengurangan Cacat Assembly Model M370 Dengan Pendekatan RCA (Root Cause Analysis) Dan FTA (Fault Tree Analysis) (Studi Kasus: PT. Shimano Batam). Sigma Teknika, 6(1), PP.060-076.
Alabbodi, Anas Salman. 2019. The Effect of Customer Satisfication on Servive Quality : The Case of Iraqi Banks, International Journal of Applied Research Vol 5. No. 1
Arvianto et al. 2018. Teknik Pengendalian Mutu Dengan Menggunakan Metode Diagram Pareto Dalam mencapai Customer Satisfaction. Jurnal Teknosains Kodepena, 4(2), pp.12-17.
Assauri, S. 2022. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Keempat. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Bakhtiar, A., Sembiring, J.I. and Suliantoro, H. 2021. Analisis Penyebab Kecacatan Dengan Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Dan Metode Fault Tree Analysis (FTA) Di PT. Alam Daya Sakti Semarang. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 6(2), pp.95-170.
Cesariana, C., Juliansyah, F. And Fitriyani, R. 2022. Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), PP.211-224.
Denniss, S. 2017. A Case Study: The Benefits And Challenges Of Root Cause Analysis Presented Through A Real World Example From The Rail Industry. In Safety And Reliability (Vol. 37, No. 4, PP. 197-216). Taylor & Francis.
Doggett, A.M. 2005. Root cause analysis: a framework for tool selection. Quality Management Journal, 12(4), pp.34-45.
Ernawati, D. 2019. Pengaruh kualitas produk, inovasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian produk Hi Jack sandals Bandung. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 7(1), pp.17-32
Gasperz, V. 2020. Total Quality Management. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Khoirunniam, A. And Suseno, S. 2022. Analisis Produktivitas Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Dengan Objective Matrix (OMAX) Dan Root Cause Analysis (Rca). Jurnal Trinistik: Jurnal Teknik Industri, Bisnis Digital, Dan Teknik Logistik, 1(2), PP.72-79.
Klimchuck, Marianne R. & Krasovec, Sandra A. 2014. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Tigabelas Jilid 1. Erlangga, Jakarta.
Kristanto, & Brahmana, K. M. R. 2017. Pengaruh Product Placement Pada Film Indonesia Terhadap Brand Awareness Dan Purchase Intention Masyarakat Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran, 10(1), 20–26.
Krisnaningsih, E., Gautama, P. And Syams, M.F.K. 2021. Usulan Perbaikan Kualitas Dengan Menggunakan Metode FTA dan FMEA. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 4(1), pp.41-54.
Kurnia, Y. And Nasarudin, N. 2023. Perbaikan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Pada Proses Pembuatan Wajan Alumunium Dengan Metode Fishbone Diagram. Jurnal Industrial Galuh, 5(2), pp.124-131.
Lesmana, R. and Ayu, S.D. 2019. Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah PT Paragon Tehnology And Innovation. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(3), pp.59-72.
Mulia, N. A. C., & Rochmoeljati, R. 2021. Pengendalian Kualitas Pengelasan Menggunakan Metode Statistical Quality Control (SQC) dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) di PT. PAL Indonesia. JUMINTEN, 2 (6): 60-71.
Nurholiq, dkk. 2019. Analisis Pengendalian Kualitas (Quality Control) Dalam Meningkatkan Kualitas Produk. Jurnal Ekonologi, 6(2), 393–399.
Pride, W, dan O.C. Ferrell. 2013. Foundation of marketing, 5th Edition. South Western: Cengage Learning.
Rohkma, A.N., 2023. Analisa Tingkat Kecacatan Bata Beton Ringan dengan Metode Seven Tools dan FMEA di CV. Building Material Construction-Mojokerto. Doctoral dissertation, UPN Veteran Jawa Timur.
Ryan, N.S.A. And Stighfarrinata, R., 2022. Analisa Kerusakan Pompa Dengan Menggunakan Metode Fmea (Study Kasus Pdam Surya Sembada Ipam ngagel 1 Rumah Pompa Utara). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Sistem Industri, 1(2), pp.69-76.
Saidani, B., Rachman, M.A. and Rizan, M., 2013. Pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian sepatu olahraga futsal adidas di wilayah Jakarta Timur. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 4(2), pp.201-217.
Singarimbun, C. P. 2018. Implementasi Objective Matrix (OMAX) dan Root Cause Analysis (RCA) dalam Produktvitas di PG Pesantren Baru. Tesis. Universitas Brawijaya.
Surastra, I.M. 2020. Analisis Akar Masalah (Root Cause Analysis) Kecurangan Akademik Pada Saat Ujian Kompetensi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Feb, 8(2).
Varma, J.H. And Lal, S. 2020, March. Root Cause Analysis Of Newsprint Waste Using Pareto Analysis And Cause And Effect Matrix. In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering. Vol. 810, No. 1, p. 012072). Iop Publishing.
Yasra, R. 2023. Analisis Terjadinya Reject PCB Led Pada SMT Line dengan Menggunakan Metode Root Cause Analysis Fishbone Dan Fmea Di Pt VJB. JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina), 8(01), pp.65-78.
Zani, F.R. And Supriyanto, H. 2021. Analisis Perbaikan Proses Pengemasan Menggunakan Metode Root Cause Analysis Dan Failure Mode and Effect Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Pada CV. XYZ. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan (vol. 9, no. 1, pp. 140-146).