Penilaian Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Pada Pt Kreasijaya Adhikarya Dumai (Studi Kasus: PT Kreasijaya Adhikarya)

Authors

  • Hanifatul Rahmi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Yusrizal Yusrizal Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • A Rahman Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

Karyawan, Kinerja, promosi jabatan, Simple Additive Weighting

Abstract

Memotivasi karyawan agar selalu mengembangkan kinerjanya, perlu diberikan reward. Salah satu bentuk penghargaan bagi karyawan tersebut adalah dengan menyelenggarakan promosi jabatan. Sehubungan dengan itu PT Kreasijaya Adhikarya Dumai memberikan perhatian untuk penilaian kinerja karyawan yang dilakukan rutin setiap tahun. PT Kreasijaya Adhikarya Dumai mempunyai karyawan sebanyak 116 orang yang terdiri dari 6 manager, 6 executive, 21 supervisor, 40 senior operator, 37 operator dan 6 junior operator tahun 2020. 

Penilaian kinerja karyawan ini akan menggunakan Metode Simple Additive Weighting, yang merupakan salah satu metode pengambilan keputusan untuk menetapkan alternatif terbaik dari kriteria yang sudah ditentukan. Adapun kriteria yang di pakai adalah prestasi kerja karyawan, kompetensi karyawan, dan promosi jabatan.

Hasil yang diperoleh dari perhitungan yang sudah dilakukan, yaitu A1= 96,95 sebagai alternatif karyawan dengan nilai terbesar. Dengan kata lain, V1 akan terpilih sebagai karyawan yang akan dipromosikan untuk mendapatkan jabatan di PT Kreasijaya Adhikarya Dumai. Kesimpulannya adalah dengan menggunakan sistem ini dapat mempermudah pihak manajemen dalam menilai kinerja karyawan berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dan dapat dikembangkan dengan metode yang berbeda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fitra, 2017, Kinerja Pengelola Pasar Rakyat Desa Sintong Pusaka Kecamatan Tanah Putih Rokan Hilir, Prosiding Seminar Nasional Sekolah Tinggi Teknologi Dumai, Jilid 1, LPPM Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.

Fitra, 2017, Pengukuran Kinerja Karyawan PT X di Kota Dumai, Jurnal UNITEk VOL 10 No.1.

Fitra, dan Gultom, T.U.Y., 2017, Pengaruh Pelatihan (Training) dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja (Performance) Karyawan di PT Kreasijaya Adhikarya, Jurnal UNITEK, Vol 10, No.2.

Hasibuan, Malayu S.P. 2014. MANAJEMEN: Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ida ayu. (2016). pengaruh prestasi kerja dan kompetensi karyawan terhadap promosi jabatan pada inna sindhu beach hotel sanur,Bali. Jurnal Manajemen, [S.l.], v. 5, n. 8, July 2016. ISSN 2302-8912.

Ismail. (2016). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan Pada PDAM Kabupaten Gowa.

Levana. (2017). pengaruh penilaian prestasi kerja, kompetensi dan promosi jabatan terhadap kinerja karyawan bank BNIKcu USU Medan.http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1060

Lutfi, M. (2019). Pengaruh Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan Pada Yayasan Nurul Hayat Cabang Bojonegoro.R.wayne Mondy, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ke Sepuluh Jilid I,Erlangga: Jakarta, 2008.

Siagian, Sondang P. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia.Jakrta: PT Bumi Aksara Silalahi, M. S. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Jabatan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW).

Sinaga, utari kietrina. (2015). Penaagaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Kompetensi Karyawan Terhadap Promosi Jabatan Bank Mandiri Retail Cabang Pusat Pasar Medan http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/43340

Syamsir. (2017). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan Pada Pt Bosowa Propertindo. Jurnal Riset Edisi XV, 3(4), 126–141.

Widyaningrum, D. M. E. (2017). “Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia.” Management Sumber Daya Manusia.

Published

2021-07-15

How to Cite

Rahmi, H. ., Yusrizal, Y., & Rahman, A. . (2021). Penilaian Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan Pada Pt Kreasijaya Adhikarya Dumai (Studi Kasus: PT Kreasijaya Adhikarya). Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(1), 115-121. Retrieved from https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/arti/article/view/201

Most read articles by the same author(s)