Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Oto Car Wash di Kota Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/arti.v19i2.1103Abstract
Konsumen akan lebih cendrung memilih usaha yang menyediakan produk atau jasa yang memiliki harga yang terjangkau, kualitas barang atau jasa yang baik, serta pelayanan yang baik. perusahaan membutuhkan usaha yang keras untuk menciptakan keunggulan kompetitif. Metode SERVQUAL dapat melihat seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas pelayanan yang mereka terima dari Oto Car Wash. Berdasarkan hasil yang diperoleh, diambil kesimpulan bahwa tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan di Oto car wash dengan metode Service Quality untuk dimensi Tangible yaitu -0,26 dimensi Reliability yaitu 0,18 dimensi Responsiveness yaitu 0,19 dimensi Assurance 0,47 dan dimensi Emphaty yaitu 0,31. Hal ini membuktikan bahwa konsumen merasa puas pada dimensi Reliability (keandalan), dimensi Responsiveness (daya tangkap), dimensi Assurance (jaminan), dan dimensi Emphaty (kepedulian), sedangkan dimensi Tangible konsumen merasa tidak puas terhadap bentuk fisik dari OTO Car Wash.
Downloads
References
Bachtiar, M. Y., Ismiyah, E., & Rizqi, A. W. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dengan Metode Servqual Guna Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Pelayanan Jasa Transportasi Terminal Maulana Malik Ibrahim. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 8(2), 362. https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.20075
Saputra, A. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Data Envelopment Analysis ( DEA ) di Kota Meulaboh. 23(1), 82–96.
Syarifudin, A., & Hidayat, R. (2019). Analisis Kualitas Lulusan Program Studi Teknik Industri Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Intent: Jurnal Industri Dan Teknologi Terpadu, 2(1), 1–8. https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/intent/article/view/502
Kuncoro, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitattif Dan R&D. Penerbit: Erlangga, Jakarta.
Parasuraman, A., Zeithaml, V.A. and Berry, L.L., 2014. Reassessment of Expectations as a Comparison Standard in Measuring Service Quality: Implications for Further Research. Journal of Marketing, 58(1), pp.111–124. Available at: https://doi.org/10.2307/1252255 [Accessed 28 Nov. 2024].
Saputra, A., 2021. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Data Envelopment Analysis (DEA) di Kota Meulaboh. Jurnal, 23(1), pp.82–96.
Syarifudin, A. and Hidayat, R., 2019. Analisis Kualitas Lulusan Program Studi Teknik Industri Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Intent: Jurnal Industri dan Teknologi Terpadu, 2(1), pp.1–8. Available at: https://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/intent/article/view/502 [Accessed 28 Nov. 2024].
Zeithaml, V.A., Bitner, M.J. and Gremler, D.D., 2020. Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. 8th ed. New York: McGraw-Hill Education