Implementasi Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT dan Quantitative Strategy Planning Matrix (Studi Kasus: Bagelan Laksmana Dumai)

Authors

  • Meilissa Alfera lala STT Dumai
  • Yusrizal Yusrizal Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Muhammad Arif Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v19i1.794

Keywords:

Bagelan Laksmana Dumai, Implementasi Strategi Pemasaran, SWOT, QSPM

Abstract

UMKM Bagelan Laksmana Dumai bergerak di bidang produksi Roti Kering yang rumah produksi nya terletak di Jalan Pattimura Komplek TNI Angkatan Laut Blok A No 1 Dumai, pengembangan usaha UMKM Bagelan Laksmana sangat membutuhkan strategi pemasaran dikarenakan tidak memiliki outlet online maupun offline dan juga kurang melakukan aktifitas promosi secara online melalui sosial media untuk itu diperlukan penentuan strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT dan QSPM sebagai pertimbangan dalam menjalankan usaha dimasa yang akan datang. Penelitian ini dilakukan pada UMKM Bagelan Laksmana Dumai bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran yang ditinjau dari faktor internal berupa kekuatan dan kelemahan yang ada pada UMKM Bagelan Laksmana Dumai dan juga faktor eksternal berupa peluang dan ancaman. Berdasarkan hasil perhitungan TAS sebesar 7,41 yaitu pada faktor internal. Berdasarkan analisis internal factor evaluation UMKM Bagelan Laksmana harus mengaplikasikan strategi mempertahankan kualitas produk untuk memberikan jaminan kepercayaan kepada konsumen. Berdasarkan eksternal faktor evaluation peluang (opportunity) utama UMKM Bagelan Laksmana adalah berupa bantuan dari pemerintah dan ancaman (threats) utama yaitu produk sejenis

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah, N., Novandriani, N., & Moeliono, K. (2021). Analisis

Strategi Pemasaran Menggunakan Metode SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran Ramen Aboy) (Vol. 88).

Dzaky Mustafa, M., Dellarosawati Idawicaksati, M., & Arini, I. Y. (n.d.). Perancangan Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode Analisis SWOT dan matrik Quantitative Strategic Planning (QSPM) pada Usaha Aplikasi Svara I (QSPM) in svara application business.

Hasibuan, S., & Amela, D. F. (2019). Implementasi Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) Dalam Merencanakan Strategi Pemasaran Pada Usaha Minuman Happy Bubble Drink Di Kota Binjai. Jurnal Bisnis Administrasi (BIS-A, 08, 26–36.

J., Listia Damariyanti, K., Hartiati, A., & Wayan Gede Sedana Yoga, I. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kedai Kopi “Kandera Coffee” Denpasar Bali Menggunakan Metode SWOT dan QSPM Business Development Strategy For Coffee Shop “Kandera Coffee” Denpasar Bali Using Swot and QSPM Methods (Vol. 9, Issue 2).

Kotler, P., 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta

Ma’ruf, M. I., Ismiyah, E., & Jufriyanto, M. (2021). Usulan Strategi Pemasaran Di Umkm Mianmo Skin Beauty Dengan Metode SWOT dan QSPM. 2(4).

Novitasari, H., & Samanhudi, D. (n.d.). Analisis Strategi Pemasaran Dengan Metode SWOT dan QSPM Integrasi Analytic Hierarchy Process Di Coffee Shop Moja Kitchen.

Nurul Sabry, A., Tuanku Tambusai Ujung, J., Tampan, K., Delima, K., & Pekanbaru, K. (2020). Rumusan Strategi Pemasaran Dalam Penjualan Produk Dengan Metode SWOT dan QSPM (quantitative startegic planning matrix) (studi kasus cv. Bimanda elektronik pekanbaru). 7(1), 118–129.

Ramadona, S., Andesta, D., & Ismiyah, E. (2020). Strategi Pemasaran Produk Keripik Ud. Bagus Abadi Jaya Menggunakan Metode SWOT (Strengths Weaknesses, Opportunities, Threats) DAN QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). 1(4), 545.

Rangkuti, F., 2006, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia Pustaka Umum, Bandung.

Rangkuti, F., 2019, Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot Rating dan OCAY, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

lala, M. A., Yusrizal, Y., & Arif, M. (2024). Implementasi Strategi Pemasaran dengan Metode SWOT dan Quantitative Strategy Planning Matrix (Studi Kasus: Bagelan Laksmana Dumai). Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 19(1), 72–79. https://doi.org/10.52072/arti.v19i1.794

Most read articles by the same author(s)