Analisa Produktivitas Divisi Produksi Pada Pt Jaya Tech Palmindo Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)

Authors

  • Marwan Marwan Universitas Potensi Utama
  • Surya Indrawan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Ismail Ismail Program Studi Teknik Industri. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Potensi Utama
  • Aulia Mayanda Program Studi Teknik Industri. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Potensi Utama

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.402

Keywords:

Objective Matrix, Produktivitas

Abstract

  1. Jayatech Palmindo adalah suatu perusahaan industri manufaktur yang bererak di bidang pembuatan dan perbaikan mesin-mesin produksi pada pabrik kelapa sawit (PKS). Perusahan ini dinilai sangat membantu dalam hal pemenuhan kebutuhan akan mesin-mesin produksi yang digunakan pada industri kelapa sawit. Di perusahaan ini pengukuran produktivitas belum pernah dilakukan sehingga tidak mengetahui gambaran keadaan produktivitas perusahaan. Analisa produktivitas ini perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan produktivitas perusahaan. Metode yang diterapkan pada penelitian ini ialah objective matrix. Objective matrix adalah salah satu model pengukuran produktivitas yang sangat umum digunakan. Metode OMAX merupakan salah satu metode pengukuran produktivitas yang dilakukan secara kuantitatif dan obyektif. Pada dasarnya, konsep OMAX adalah menggabungkan sebagian kriteria kinerja kelompok kerja ke dalam suatu matriks pengukuran produktivitas. Berdasarkan hasil penelitian tingkat produktivitas perusahaan sangat fluktuatif, kenaikan terjadi pada bulan september sebesar 1,546, maret 0,427, desember sebesar 0,202, april sebesar 0,136, mei sebesar 0,041, kemudian terjadi penurunan indeks performansi pada bulan februari sebesar -0,25, januari sebesar -0,224, oktober sebesar -0,203, november -0,182, agustus sebesar -0,171, juli sebesar 0,041, juni -0,039. Sehingga dapat disimpulkan bahwa masih ada tingkat produktivitas yang dibawah standar, perusahaan perlu melakukan pengukuran setiap 1 tahun sekali agar dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan di divisi produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agensy Nurmaydha, Susinggih Wijana, dan Panji Deoranto. 2017. Analisis Produktivitas Pada Bagian Produksi Gondorukem Dan Terpentin Menggunakan Metode Objective Matrix (Omax). Agroindustrial Technology Journal. Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Universitas Brawijaya, Malang.

Indrawan, S., Suarlin, J., & Sirlyana, S. (2022). Penerapan Peramalan Produksi Produk Semen Di PT XYZ Guna Memenuhi Permintaan Konsumen. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(1), 91–97. https://doi.org/10.52072/arti.v17i1.367

Muchammad Aldiansyah, Dan Suparto. 2021. Analisa Peningkatan Dan Perbaikan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix Di CV. XYZ. Jurnal Institut Teknologi Adhi Tama. Fakultas Teknologi Industri, Program Studi Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.

Muhamad Bob Anthony. 2019. Pengukuruan Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix Di PT.ABC. Jurnal Jati Unik Vol.3, No.1, ISSN: 2597-7946, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri, Universitas Serang Raya, Serang.

Mohammad Bahrudin ,Dan Hana Catur Wahyuni. 2017. Pengukuran Produktivitas Kerja Karyawan Pada Bagian Produksi Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) Dan Root Cause Analyze (RCA). Jurnal Umsida Vol 1, No.2, ISSN. 2541-5115, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sidoarjo.

Sugeng Rahmatullah, Putiri Bhuana Katili, Dan Nuraida Wahyuni. 2017. Analisa Produktivitas Pada Divisi Produksi PT. XYZ. Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Teknik Industri Vol. 5 No. 1. Fakultas Teknik, Jurusan Tenik Industri, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten.

Syamsudin, Eko Hadi Sucipto, Dan Hana Sartika. 2020. Analisa Produktivitas Pada Divisi Produksi PT. XYZ Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal Penelitian Teknik Industri, Vol. 1 No. 1, ISSN : 2774-3586. Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Industri, STTM Muhammadyah, Tangerang.

Published

2022-11-29

How to Cite

Marwan, M., Indrawan, S. ., Ismail, I., & Mayanda, A. . (2022). Analisa Produktivitas Divisi Produksi Pada Pt Jaya Tech Palmindo Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX) . Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(2), 128-135. https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.402