Perancangan Alat Pembelah Dan Pencungkil Buah Pinang

Authors

  • Jippo Chain Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Azmi
  • Muhammad Arif

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.537

Keywords:

Antropometri, Biji pinang, Break Event Point, Operation Process Chart, Perancangan

Abstract

Kebutuhan biji pinang yang sangat meningkat untuk berbagai keperluan mampu menjadi pendapatan dan keuntungan melalui bisnis buah pinang ini. Permintaan ekspor biji pinang muda lebih besar daripada permintaan untuk biji pinang tua, cara mengupas buah pinang muda secara manual dengan satu parang dan satu biji pinang yang akan dibelah menjadi tidak efisien untuk memenuhi permintaan ekspor yang cukup tinggi dan pada proses pengeringan biji pinang dengan kulitnya  memakan waktu yang cukup lama. Berdasarkan dari permasalahan tersebut, penulis melakukkan perancangan alat pembelah dan pencungkil dengan metode pendekatan atropometri dimensi tubuh orang Indonesia dalam menentukkan ukuran panjang alat 86 cm, lebar alat 65 cm dan tinggi alat 75 cm. Penggunaan Operation Process Chart (OPC) dalam perancangan alat untuk memperkiran kebutuhan bahan baku, proses pengerjaan dan waktu pengerjaan sekitar 371 menit. Break Event Point dalam menentukan balik modal atau titik impas dalam perancangan alat kalkulasi harga Rp 592.270,00 dengan keuntungan 10 % dari BEP unit. Cara penggunaan rancangan alat dengan meletakkan buah pinang dan biji pinang pada wadah kedudukan pinang lalu menekan tuas pembelah dan pencungkil dari atas kebawah sehingga buah dan biji pinang akan terlepas dari kulitnya. Maka dengan adanya alat ini. produktivitas dalam memproduksi buah pinang lebih maksimal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azim, F., Putera, P., Oktaviyani, Zulfani, R., & Hernando, R. (2018), Rancang Bangun Mesin Pengiris Buah Pinang Muda Tipe Horizontal, Agroteknika, 1(2), 63–76.

GUNAWAN, M. R. (2020). Perancangan Alat Bantu Pengiris Biji Pinang Muda Menggunakan Metode Quality Function Deployment (Qfd).

Mustar, M., Muchtiar, Y., & Ayubidiwati. (2020), Perancangan Alat Bantu Pembelah Pinang Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi Menggunakan metode Rasional, Padang.

Utomo, B., & Febryani, R. A. (2018). Rancang Mesin Pembelah Buah Pinang Dengan Dua Mata Potong Kapasitas 250 Kg/Jam.

Published

2023-05-31

How to Cite

Chain, J., Azmi, & Muhammad Arif. (2023). Perancangan Alat Pembelah Dan Pencungkil Buah Pinang. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 18(1), 72-79. https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.537