Analisis Postur Kerja Pada Pekerjaan Cleaning Sludge Mesin Expeller PT XYZ

Authors

  • Amat Safii Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Fitra Fitra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Jhon Suarlin Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sirlyana Sirlyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.442

Keywords:

Muskuloskeletal, Postur Tubuh, Rapid Entire Body Assement.

Abstract

Peranan manusia sebagai sumber tenaga kerja masih dominan dalam menjalankan proses produksi terutama kegiatan yang bersifat manual. Pekerjaan ini apabila dilakukan dengan cara salah dapat menyebabkan keluhan yang biasa disebut Mucoloskeletal Disorders (MsDs). PT XYZ merupakan salah satu perusahaan di Indonesia yang bergerak dibidang pengolahan kelapa sawit. Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan dibagian KCP dengan cara manual salah satunya adalah pada pekerja cleaning sludge mesin expeller, yang dilihat dari postur tubuh pekerja. Metode REBA (Rapid Entire Body Assesment) merupakan salah satu metode untuk menilai postur seorang pekerja secara keseluruhan dari pergerakan seluruh bagian tubuh mulai dari leher, punggung, lengan, pergelangan tangan dan kaki pekerja. Penerapan metode REBA dalam penelitian ini ditujukan untuk mengurangi risiko cedera yang berkaitan dengan posisi, terutama pada otot-otot skeletal dan sebagai peringatan bahwa terjadi kondisi kerja yang tidak tepat ditempat kerja. Hasil penelitian menunjukan adanya terdapat satu kegiatan yang memiliki resiko cidera tinggi yaitu pada kegiatan pengambilan sludge dengan nilai skor 8, resiko sedang pada kegiatan pengangkatan dan peletakan ada 8 dengan skor nilai antara 5 sampai 7 dan satu kegiatan resiko rendah yaitu pada kegiatan peletakan dengan skor nilai 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budhiman, M. A. (2015) Analisis Penilaian Tingkat Risiko Ergonomi Pada Pekerja Konstruksi Proyek Ruko Graha Depok Tahun 2015, SKRIPSI.

Giri Carakan Rojo Ankoso (2013) ‘Analisis Tingkat Risiko Ergonomi Berdasarkan Aspek Pekerjaan Pada Pekerja Laundry Sektor Usaha Informal Di Kecamatan Ciputat Timur Kota Tangerang Selatan Tahun 2012’, SKRIPSI.

Haryani, R., Azmi, A. and Sirlyana, S. (2021) ‘Analisis Postur Kerja Penjahit Nur Tailor Menggunakan Metode Rappid Entire Body Assessment’, Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(2), pp. 184–191. doi: 10.52072/arti.v16i2.263.

Iridiastadi, H. and Yassierli (2014) Ergonomi Suatu Pengantar. 1st edn. Banung: Remaja Rosdakarya.

Pratama, M. Y., Mesra, T. and Faisal, R. (2021) ‘KOTA DUMAI menggunakan metode REBA ( Rapid Entire Body Assessment ). REBA adalah sebuah Penambang Pasir Kecamatan Bukit Kapur Kota Dumai ” . Metode Penelitian menggunakan kuesioner Nordic Body Map ( Supriyanto , 2011 ) yang terdiri dari 2’, Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(November), pp. 157–163.

Rahma Pardosi, A., Jenita Marbun, N. and Alfama Zamista, A. (2021) ‘Analisis Postur Tubuh Pekerja Usaha Kecil Menengah Batu Bata Pak Bachtiar’, Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 16(2), pp. 140–146. doi: 10.52072/arti.v16i2.258.

Supriyanto (2011) ‘Perancangan Postur Kerja Pada Pekerja Bagian Pencucian Dan Penggilingan Kedelai Dengan Pendekatan Rapid Entire Body Assessment (Reba) Untuk Mengurangi Resiko Musculoskeletal Disorders (MSDs) (Studi kasus: Industri Kecil Pembuatan Tahu di Desa Banyuputih’, SKRIPSI.

Published

2022-11-29

How to Cite

Safii, A., Fitra, F., Suarlin, J. ., & Sirlyana, S. (2022). Analisis Postur Kerja Pada Pekerjaan Cleaning Sludge Mesin Expeller PT XYZ. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(2), 167-174. https://doi.org/10.52072/arti.v17i2.442

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>