Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XII SMA N 4 Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.654Keywords:
Media Pembelajaran, Animasi, VideoAbstract
Metode pembelajaran yang sering di lakukan guru, yaitu dengan cara menerangkan materi di dalam kelas dan hanya menggunakan media berupa papan tulis dan buku pelajaran, sehingga proses belajar mengajar di kelas tidak bervariasi atau monoton. Cara tersebut belum optimal dikarenakan siswa kesulitan dalam memahami materi yang di berikan guru dan siswa sering lupa ketika guru mangkaji ulang materi pembelajaran sebelumnya. Saat ini metode pembelajaran yang digunakan dalam penyampaian materi pelajaran Sosiologi kelas XII di SMA N 4 Dumai masih menggunakan media buku cetak sebagai perantara penyampaian materi dan belum menggunakan media pendukung lain. Hal ini menyebabkan siswa kesulitan memahami materi yang diberikan oleh guru karena sumber belajar yang terbatas dan motivasi siswa dalam pembelajaran Sosiologi menjadi berkurang. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih terbatas dalam peran penggunaan teknologi. Oleh karena itu dibutuhkan solusi yang dapat membantu meningkatkan ketertarikan dan semangat siswa dalam pelajaran Sosiologi dan membantu guru dalam menciptakan sebuah media pembelajaran Sosiologi berbasis teknologi yaitu dengan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang di lengkapi dengan video animasi dan evaluasi. Dalam penelitian ini Metode yang digunakan yaitu MDLC, software yang digunakan adalah adobe animate 2022. Media pembelajaran ini meliputi halaman menu kompetensi, menu materi, menu evaluasi, menu profil. Pengujian media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran sosiologi kelas XII SMA N 4 Dumai, mencapai 88,86% sehingga dikatakan layak dan dapat membantu guru dalam proses menyampaikan pembelajaran yang lebih menarik dan berbasis teknologi dan dapat memudahkan siswa memahami materi pelajaran sosiologi.
Downloads
References
Aini, Q., Rahardja, U., Santoso, N. P. L., & Oktariyani, A. (2021). Aplikasi Berbasis Blockchain dalam Dunia Pendidikan dengan Metode Systematics Review. CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), 6(1), 58. https://doi.org/10.24114/cess.v6i1.20107
Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Nuryana, Z. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TAMADDUN, 19(1), 75. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818
Salsabila, U. H., Trisda Spando, I. I., Astuti, W. D., Rahmadia, N. A., & Nugroho, D. W. (2023). Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Pendidikan Islam.
Yuliati, T., & Handayani, T. (2023). Efektifitas Media Pembelajaran Animasi 2D Pada Buku Tema 5 Kelas 1. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 5(2), 287–300. https://doi.org/10.31849/zn.v5i2.14185