SISTEM FORECASTING UNTUK PENGADAAN MATERIAL BIJI PLASTIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE (STUDI KASUS : PT.TRI PERSADA MULIA)

Authors

  • Rini Yuliani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Desyanti Desyanti Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.359

Keywords:

Forecasting, Pengadaan Material Biji Plastik, Weighted Moving Average

Abstract

  1. Tri Persada Mulia dalam memenuhi pesanan pelanggan, ketersediaan material biji plastik yang menjadi bahan baku dalam pembuatan karung plastik merupakan hal yang sangat penting. Kekurangan persediaan material dapat memperlambat pengiriman pesanan pelanggan tepat pada waktunya, hal ini sangat buruk bagi perusahaan karena dapat menghilangkan kepercayaan pelanggan. Untuk itu diperlukan suatu teknik untuk meramalkan kondisi waktu yang akan datang sebagai alat bantu untuk bagian manajerial dalam suatu perusahaan membuat perencanaan dan sebagai pendukung keputusan yang diperlukan untuk dilaksanakan pada waktu yang akan datang. Pada Tugas Akhir ini, penulis mengembangkan suatu sistem forecasting menggunakan metode Weighted Moving Average dengan rumus Mean Absolute Deviation sebagai perhitungan statistika ketepatan peramalannya. Sistem diterapkan untuk pengadaan persediaan material di PT. Tri Persada Mulia yang bergerak dibidang kemasan karung plastik. Ide utama dari metode Weighted Moving Avarage adalah berdasarkan pada data kebutuhan dalam suatu periode masa lalu. Setiap data diberi bobot, dimana data terbaru memiliki bobot yang lebih besar dibandingkan data sebelumnya. Penelitian ini dilakukan dari tahap analisa hingga implementasi. Suatu bentuk laporan dan visualisasi grafik akan diimplementasikan berdasarkan penelitian tersebut menggunakan pemrograman PHP. Hasil pengujian implementasi adalah memberikan perkiraan pemakaian suatu material pada bulan berikutnya beserta nilai statistika ketepatan peramalannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputro, Dian, Imrona, Mahfud, Shaufiah, Implementasi dan Analisis Weighted Moving Average dan Linear Least Square untuk Menentukan Biaya Investasi Deposit Server Pulsa, Teknik Informatika, Institut Teknologi Telkom, Bandung. http://openlibrary.telkomuniversity.ac.id diakses pada 21 desember 2014.

Al-Bahra,2005, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”,Graha Ilmu,Tangerang.

Gaspersz, 2004, “Production Planning and Inventory Control”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gofur, Ade Abdul, Widianti, Utami Dewi, Sistem Peramalan untuk pengadaan material unit injection di PT. XYZ, Tekni Informatika, Universitas Komputer Indonesia, Bandung. http://komputa.if.unikom.ac.id/jurnal/sistem/peramalan untuk.1b diakses pada 21 desember 2014.

Hartanto, Nico, Yulia, Setiawan, Alexander, Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Berdasarkan Peramalan Penjualan pada PT. X, Teknik Informatika, Universitas Kristen Petra, Surabaya. http://studentjournal.petra.ac.id/index.php/teknikinformatika/article/view/806/705 diakses pada 21 desember 2014.

Hartono, Jogiyanto, 2000, “Pengenalan Komputer: dasar ilmu komputer, pemrograman, sistem informasi dan intelegensi buatan”,Andi Yogyakarta.

Heizer, Jay, dan Barry Render, 2005, “Operation Management, 7th Edition”, Prentice Hall, New Jersey.

Jogiyanto, 2005, “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta.

Makridarkis, S., Wheelwright, S.,C. & McGee, V., E. 2000. “Metode Dan Aplikasi Peramalan”, Edisi.2 Volume.1. Jakarta : Interaksara, Batam.

Marimin, Hendri Tanjung, dan Haryo Prabowo, 2005, “Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia”, Grasindo, Jakarta.

O’Brein, James A., 2005, “Pengantar Sistem Informasi”, Salemba Empat, Jakarta.

Rickyanto, Isak, 2001, “Macromedia Dreamweaver 4”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Ristono, Agus., 2009, “Manajemen Persediaan Edisi 1”, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sidik, Betha, 2002, “Pemrograman Web dengan PHP”, Informatika Bandung.

Taylor III, Bernard W, 2005, “Introduction to Management Science”, Salemba Empat, Jakarta.

Published

2022-06-23

How to Cite

Yuliani, R. ., Handayani, T. ., & Desyanti, D. (2022). SISTEM FORECASTING UNTUK PENGADAAN MATERIAL BIJI PLASTIK MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED MOVING AVERAGE (STUDI KASUS : PT.TRI PERSADA MULIA). JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 25 - 31. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.359

Most read articles by the same author(s)