Implementasi Penentuan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunakan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Multi Objective Optimization on the Basic of Ratio Analysis (MOORA)

Authors

  • Melingga Milyani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Desyanti Desyanti Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i1.428

Keywords:

Penentuan Penerima KIP, SPK, ROC DAN MOORA

Abstract

Kartu Indonesia Pintar (KIP) merupakan pemberi bantuan tunai pendidikan sampai lulus sekolah menengah ke atas dengan usia anak sekolah 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin ataupun yang terdaftar sebagai peserta Program PKH maupun KKS. Kartu Indonesia Pintar diberikan sebagai penanda/identitas untuk menjamin dan memastikan anak mendapat bantuan Program Indonesia Pintar apabila anak telah terdaftar atau mendaftar ke lembaga pendidikan formal atau lembaga non formal. SMKN 5 Dumai dalam proses pemberian bantuan Kartu Indonesia Pintar berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan oleh pemerintah yaitu berasal dari keluarga kurang mampu/miskin, yatim/piatu, mempunyai kartu PKS, PKH, KKS. Dalam proses pengumpulan data awal, Operator Sekolah (admin) menginput data siswa langsung ke aplikasi kemendikbud tanpa mendahulukan siswa yang kurang mampu sehingga siswa yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut kecil kemungkinan untuk mendapatkan KIP dibandingkan siswa lainnya. Kendala lainnya belum tersedianya aplikasi penyeleksian atau penyaringan data usulan calon penerima Kartu Indonesia Pintar yang akan dikirim ke dinas pendidikan, membuat bagian Operator Sekolah kesulitan dalam pendataan siswa yang benar-benar membutuhkan beasiswa. untuk itu dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu melakukan penyaringan data siswa agar siswa benar-benar kurang mampu dapat diajukan ke sistem dinas pendidikan terlebih dahulu.Model metode pembuatan atau pengembangan sistem yang digunakan adalah model waterfall dan perancangan sistem dengan UML. Pembuatan dan pengkodingan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP, dan basis data adalah MySQL. Hasil penelitian ini bahwa sistem memudahkan pihak Sekolah dalam mengolah data dan mempermudah Admin Operator dalam melakukan penilaian. Sistem ini dapat memberikan beberapa kelebihan dibandingkan dengan sistem yang sedang berjalan saat ini, seperti pada saat menentukan penerima bantuan lebih cepat dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulah, Fitri, A. H., Gistituati, N., Studi, P., Ilmu, D., Padang, U. N., & Indonsesia, U. D. (2022). Tahapan pembuatan kebijakan publik sebagai landasan pengambil kebijaksanaan. 7(1), 148–155.

Agustini. (2019). Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas. Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(3), 154–159.

Dwian, R., Desiani, A., & Yahdin, S. (2021). Penerapan Metode Multi Objective Optimization on the Basis of Ratio Analysis (MOORA) Sebagai Pendukung Keputusan Pemilihan Penerima Program Mahasiswa Wirausaha (Studi Kasus: Universitas Sriwijaya). Jurnal Teknologi, 21(2), 86-94.

Hadinata, N. (2018). Implementasi Metode Multi Attribute Utility Theory (MAUT) Pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(2), 87–92. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v7i2.562

Herawati, S., & Nauli, N. A. (2016). Rancang Bangun Pembelajaran Sbmptn. 2(2), 131–138.

Kadir, A. (2019). Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. ANDI.

Khairna, Z., Simanjuntak, M., & Sitompul, J. N. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) Pada Siswa Menggunakan Metode Moora. Jurnal Pelita Indonesia, 2(4), 12–20.

Suwandi, E., Imansyah, F. H., & Dasril, H. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome. Jurnal Teknik Elektro, 11.

Yunaldi, A. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Kombinasi Metode SAW dan ROC. Jurnal media informatika budidarma, 3(4), 376-380.

A.S, R. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Nofriansyah, D. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan.

Nugroho, B. (2019). Aplikasi Pemrograman WEB Dinamis dengan PHP dan MySQL.

Sarosa, S. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi (B. Sarwiji (ed.); 1st ed.). Indeks Jakarra Permata Puri Media.

Published

2023-06-28

How to Cite

Milyani, M., Desyanti, D., & Urva, G. (2023). Implementasi Penentuan Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Menggunakan Metode Rank Order Centroid (ROC) dan Multi Objective Optimization on the Basic of Ratio Analysis (MOORA) . JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 11(1), 47 - 55. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i1.428

Most read articles by the same author(s)