Implementasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Kelas VII Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i2.802Keywords:
Technology , Learning Media, AndroidAbstract
Kemajuan teknologi sudah berkembang sangat pesat dan cepat, salah satunya adalah bidang pendidikan. Seorang tenaga pengajar dibidang pendidikan harus berupaya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru guna meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satunya menggunakan media pembelajaran. Media Pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan untuk memperagakan fakta, konsep, prinsip atau prosedur tertentu agar tampak lebih nyata atau konkrit. Media pembelajaran dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar. Proses pembelajaran menjadi lebih menarik apabila menggunakan media yang tepat sehingga siswa termotivasi untuk mencintai ilmu pengetahuan yang sedang dipelajarinya. Dikarenakan informasi pembelajaran saat ini masih disajikan dalam bentuk buku terkadang membuat anak - anak merasa kurang tertarik, karena media pembelajaran yang di tampilkan hanya berupa teks dan gambar yang tidak dapat divisualisasikan sehingga tampilannya membosankan. Oleh karena itu, diperlukan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi yang relevan dengan kebutuhan siswa yang mudah diakses dan dapat mendukung proses pembelajaran.
Downloads
References
Aini, N., Andreswari, D., & Farady, F. (2022). Aplikasi Belajar Daring Bahasa Inggris Kelas VII Smp Menggunakan Teknologi Voice Recognition Berbasis Android (Studi Kasus: SMP Negeri 17 Bengkulu). Rekursif: Jurnal Informatika, 10(1), 81–95.
Danny, G., Yuliati, T., & Pratiwi, M. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips). Jutekinf (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 1–5. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.352
Eberhard, D. M., Simons, G. F., & Fennig, C. D. (2021). Ethnologue: Languages of Africa and Europe. Sil International, Global Publishing. https://books.google.co.id/books?id=By58zgEACAAJ
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108. https://doi.org/10.57235/jleb.v1i2.1192
Mustika, N. K. P. W. (2021). Sistem Informasi Edukasi Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Dini Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle Berbasis Android. Jurnal Elektro Luceat, 7(2), 1:7.
Nurfitriani, M., Nugraha, M. F., & Hendrawan, B. (2021). Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Tematik Terpadu Bagi Siswa Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 1110–1117.
Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
Waziana, W., Anggraeni, L., & Sari, N. L. (2018). Penerapan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Multimedia. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 7, 22–27.
Wibowo, A. P. E. (2020). Penerapan Aplikasi Simpler dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android bagi Taruna Politeknik Perkeretaapian Indonesia. Jurnal Aghinya Stiesnu Bengkulu, 3(1), 99–109.