IMPLEMENTASI WATERMARKING DESAIN CITRA MENGGUNAKAN METODE MODIFIKASI END OF FILE (MEOF)

Authors

  • Cut Mala Azzura STT Dumai
  • Merina Pratiwi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Desyanti Desyanti Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i1.473

Keywords:

MEOF, MSE, PSNR, Steganografi

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi sangat berkembang dengan pesat dan memberikan pengaruh besar bagi seluruh kehidupan manusia. Sebagai contoh perkembangan teknologi internet yang dapat menyajikan dan mempersatukan berbagai jenis data digital, media foto, adalah citra atau image. Pada penelitian ini menerapkan steganografi sebagai salah satu teknik untuk menyembunyikan informasi ke dalam suatu data tanpa menampakkan keberadaan informasi tersebut dan menimbulkan kecurigaan bahwa data yang disisipi dengan informasi tersebut telah berubah. Implementasi steganografi saat ini telah menggunakan media digital sebagai media penampung atau penyembunyi pesan, salah satunya media gambar (citra digital). Pada prakteknya, kebanyakan pesan disembunyikan dengan membuat perubahan tipis terhadap data digital lain yang isinya tidak akan menarik perhatian dari penyerang potensial. Misalkan dalam suatu gambar disisipkan suatu data rahasia, tetapi pada gambar tersebut tidak terlihat data rahasia secara kasat mata. Akan tetapi, jika diekstrak dengan suatu software khusus maka terlihat bahwa terdapat data rahasia dalam gambar tersebut. Penelitian ini menghasilkan suatu Penerapan Implementasi Watermarking Dengan Metode Modifikasi End Of File untuk menyisipkan teks watermarking Pada design citra yang mampu memberikan keamanan pesan rahasia yang rumit untuk dipecahkan. Penelitian ini menghasilkan suatu Implementasi Watermarking Dengan Metode Modifikasi End Of File untuk Menyisipkan Pesan Teks Pada Citra yang sangat mampu memberikan proteksi keamanan pesan rahasia yang rumit untuk dipecahkan serta dapat diakses online oleh siapapun dengan situs https://app-ku.xyz/Mala.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aryanto, D., Riadi, I., Teknologi, M., Universitas, I., Dahlan, A., Significant, M. L., & Pendahuluan, I. (2017). STEGANOGRAFI VIDEO DIGITAL DENGAN ALGORITMA MODIFIKASI END OF FILE DAN RC4. 2012.

Asroni, O., & Ricardo Serumena, D. (2021). Pengamanan Hak Cipta Citra Digital dengan Teknik Watermarking Menggunakan Metode Hybrid SVD dengan DWT. Jurnal Health Sains, 2(11), 2145–2157. https://doi.org/10.46799/jsa.v2i11.334

Enterprise, Jubilee. Otodidak Pemrograman JavaScript. Elex Media Komputindo, 2017.

Febriani, S. R. (2016). Implementasi Digital Watermarking pada Citra Menggunakan Metode Least Significant Bit. 21(3), 8–18.

Irawan, M. (2013). Penggunaan Steganografi dengan Metode End of File ( EOF ) pada Digital Watermarking. Jurnal Teknologi Informasi Komputer, 2(1), 36–42.

Enterprise, Jubilee. Otodidak Pemrograman JavaScript. Elex Media Komputindo, 2017.

Febriani, S. R. (2016). Implementasi Digital Watermarking pada Citra Menggunakan Metode Least Significant Bit. 21(3), 8–18.

Irawan, M. (2013). Penggunaan Steganografi dengan Metode End of File ( EOF ) pada Digital Watermarking. Jurnal Teknologi Informasi Komputer, 2(1), 36–42.

Madcoms, Tim. "Pemrograman PHP dan MySQL untuk pemula." Yogyakarta: CV Andi Offset (2016).

Goodchild, Michael F. "Citizens as sensors: web 2.0 and the volunteering of geographic information." GeoFocus. Revista Internacional de Ciencia y Tecnología de la Información Geográfica 7 (2007): 8-10.

Sarosa, S. (2017). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi (B. Sarwiji (ed.); 1st ed.). Indeks Jakarra Permata Puri Media.

Wahyuningsih, S., Pandex, T. V. D., & Stefanny, V. (2018). Implementasi Visible Watermarking Dan Steganografi Least Significant Bit Pada File Citra Digital. Jurnal TELEMATIKA MKOM, 8(2), 140–145.

Published

2023-06-28

How to Cite

Azzura, C. M., Pratiwi, M., & Desyanti, D. (2023). IMPLEMENTASI WATERMARKING DESAIN CITRA MENGGUNAKAN METODE MODIFIKASI END OF FILE (MEOF). JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 11(1), 1-9. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i1.473

Most read articles by the same author(s)