APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)

Authors

  • Garry Danny Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati
  • Merina Pratiwi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.352

Keywords:

Aplikasi, Multimedia, ASEAN

Abstract

Dewasa ini proses pembelajaran tentang ASEAN masih menggunakan cara konvesional dengan menggandalkan buku. Sehingga proses tersebut memakan waktu yang cukup lama dalam proses pembelajaran tentang ASEAN.

Permasalahan lainnya yang dihadapi adalah dengan tampilan yang terdapat didalam buku kurang menarik sehingga membuat siswa jenuh dan malas dalam proses belajar. Tujuan dari pembuatan aplikasi media pembelajaran adalah untuk memberikan media pembelajaran mengenai ASEAN menggunakan Macromedia Flash 8 bagi guru supaya mempermudah guru dalam proses belajar mengajar. Dalam laporan Tugas Akhir ini perancangan aplikasi media pembelajaran interaktif ilmu pengetahuan sosial menggunakan UML. Aplikasi pembelajaran ASEAN dibuat dengan menggunakan program Macromedia Flash 8 dengan rancangan menggunakan photoshop cs6.

Berdasarka hasil sistem yang sudah dibangun meliputi halaman menu materi, menu game dan menu quis. Aplikasi pembelajaran ASEAN ini menghasilkan informasi berupa pengenalan gambar Sejarah ASEAN, tokoh pendiri ASEAN, Profile negara ASEAN dan monumen negara yang telah dikemas secara menarik dengan dilengkapi game sederhana menggenai ASEAN.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggara Yuda Ramadianto, 2008, “Membuat Gambar Vektor Dan Animasi Atraktif Dengan Macromedia Flash 8” Yrama Widya, Bandung

A.S Rosa, 2011 ,“Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur Dan Berorientasi Objek”, Informatika Bandung

Andi, 2010, “ Adobe Flash CS4 Tentang Pembuatan Animasi Interaktif “, Andi, Yogyakarta.

Bambi Bambang Gunawan, 2013, “ Nganimasi Bersama Mas Be “, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Bonnie Soeherman, 2008, “ Membuat Sendiri Klip Animasi Multimedia“, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

Choiruzzad Al Banna Shofwan, 2016, “Asean Dipersimpangan Sejarah Politik,Global, dan Integrasi Ekonomi” Yayasan Pustaka Obor, Indonesia

Daulay Syafrizal Melwin, 2007, “Mengenal Hardware Software dan Pengelolahan Instalasi Komputer” Andi Publisher, Indonesia.

Dony Ariyus,2009, “ Keamanan Multimedia”,Andi, Yogyakarta.

Jogyanto, 2007, “ Aplikasi Media Pembelajaran”, Gunung Agung, Yogyakarta.

Kurniawan Usep, 2016, “pengembangan media pembelajaran anak usia dini” Gunung Samudra, Malang

Michael Molenda, 2009, “ Teknologi Komnikasi dan Informasi Pembelajaran“, Bumi Aksara, Jakarta.

M. Suyanto, 2005, “ Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing”, Andi offset, Yogyakarta.

Sumardi Waluyo, 2008, “Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Smp VII” PT. Intan Pariwara, Jakarta

Suriman Bunadi, 2007, “Membuat Animasi Kartu Ucapan Dengan Flash 8” PT. Elex Media Komputindo, Jakarta

Wahana Komputer, 2012, “ Desain Grafis Profesional Dengan Adobe Photoshop”, Andi, Yogyakarta.

Widjoyo Arian Fenia, 2011, “ Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan

Flora Dan Fauna Indonesia”, Amikom, Yogyakarta.

Published

2022-06-20

How to Cite

Danny, G. ., Yuliati, T. ., & Pratiwi, M. . (2022). APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS). JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 1 - 5. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.352

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>