SISTEM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Authors

  • Randi Marselin Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Welly Desriyati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.360

Keywords:

Augmented Reality, Android, Pembelajaran, Pertumbuhan Tanaman

Abstract

Proses pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup, terutama pada tumbuhan membutuhkan waktu yang cukup lama, serta membutuhkan pemahaman yang besar untuk mempelajari pertumbuhan berbagai jenis tanaman. Dengan berkembangnya zaman, teknologi bisa dijadikan solusi untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut.

Teknologi Augmented Reality yang biasanya disebut Augmented Reality dapat dijadikan salah satu alternatif, dimana Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan dunia virtual. Teknologi juga telah berkembang ditandai dengan Augmented Reality yang kini telah dapat diterapkan di android. Sehingga dengan dibuatnya animasi 3D mengenai pertumbuhan tanaman dan membuatnya dalam bentuk Augmented Reality, merupakan suatu alternatif yang dapat dijadikan media pembelajaran. Animasi ini dibuat menggunakan aplikasi 3Ds Max yang kemudian akan dibuat dalam bentuk Augmented Reality serta dideteksi dengan marker menggunakan library vuforia, yaitu salah satu Augmented Reality library untuk Android. Untuk membantu proses pembuatan Augmented Reality berbasis Android tersebut digunakan  aplikasi yaitu Unity 3D dan 3Ds Max.

Pembuatan AR pertumbuhan tanaman merupakan cara mempermudah dan mempercepat visualisasi pertumbuhan tanaman, sehingga menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis Android dimana menampilkan simulasi pertumbuhan berbagai macam tumbuhan secara virtual yang dirancang dengan menggunakan aplikasi Unity 3D dan 3Ds Max.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, 2014, “3Ds Max For Beginner”, Andi, Yogyakarta.

Andryadi, 2011, “Augmented Reality With ARToolkit”, Augmented Reality team.

Brontolaras, 2011, “Animasi Menggunakan Macromedia Flash”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Jogiyanto, 1999, “Pengenalan Komputer”, Andi Offset, Yogyakarta.

Jogiyanto, 2005, “Analisis dan Disain Sistem Informasi”, Andi, Yogyakarta.

Noor, Dr. Juliansyah, 2011, “Metodologi penelitian”, Kencana, Jakarta.

Shalahuddin, 2011, “Rekayasa Perangkat Lunak”, Modula, Bandung.

Suparmuji, 2013, “Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sunarjono, 2013, “Bertanam 36 Jenis Sayur”, Penebar Swadaya, Depok.

Published

2022-06-23

How to Cite

Marselin, R. ., Yuliati , T. ., & Desriyati, W. . (2022). SISTEM PEMBELAJARAN PERTUMBUHAN TANAMAN MENGGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 32 - 36. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.360

Most read articles by the same author(s)