DIGITALISASI BUKU BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS 1 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BUKIT KAPUR
DOI:
https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i2.1111Keywords:
Digitalisasi, Sekolah, Bahasa InggrisAbstract
Proyek digitalisasi buku Bahasa Inggris untuk siswa kelas 1 bertujuan untuk memodernisasi metode
pembelajaran dan memudahkan akses materi ajar melalui media digital. Proses digitalisasi ini
melibatkan konversi buku cetak ke dalam format digital interaktif yang ramah pengguna dan dapat
diakses melalui perangkat elektronik seperti tablet dan komputer. Tenaga pengajar di Sekolah Dasar
Negeri 006 Bukit Kapur masih menerapkan pembelajaran menggunakan buku cetak. Sehingga siswa
menjadi mudah bosan. Hal ini tentu jadi menurunnya ketertarikan siswa terhadap belajar, serta
minat belajar bahasa inggris juga berkurang. Digitalisasi dapat digunakan dalam meningkatkan
pembelajaran pada siswa dengan menggunakan animasi dan juga ikon/karakter yang menarik.
Digitalisasi ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar pada siswa dan ketertarikan siswa
terhadap bahasa inggris sebagai bahasa international. Model metode pengembangan dalam
penelitian ini yang digunakan adalah Model MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil
akhir dari digitalisasi ini dengan Presentase tanggapan responden terhadap skor ideal rata-rata
sebesar 85% dengan kriteria sangat baik (SB), maka tingkat keberhasilan Digitalisasi Buku Bahasa
Inggris Untuk Sekolah Dasar Kelas 1 Pada Sekolah Dasar Negeri 006 Bukit Kapur sangat bermanfaat
untuk menambah wawasan siswa.
Downloads
References
Agata, D., Yuniarti, H., & Adison, A. A. P. (2021). Teaching English Vocabulary to Young
Learners via Augmented Reality Learning Media. Beyond Words, 9(2), 91–99.
https://doi.org/10.33508/bw.v9i2.2772
Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary
in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7),
–1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028
Mustafa, M. C., & Ahmad, M. I. (2017). Effective Interaction Strategies in Teaching and
Learning of English for Preschool Children. International Journal of Academic
Research in Progressive Education and Development, 6(4).
https://doi.org/10.6007/ijarped/v6-i4/3350
Ndraha, V. E., & Kurniawan, M. (2019). Playing “CABE” (Searching and Whispering) to
Increase Children’s English Vocabulary. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1),
–157. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.11
Pertiwi, R. S., Salabiyati, I., Damara, D., & Pratolo, B. W. (2020). The Teacher’s Perspectives
About Challenges of Teaching English for Young Learners: A Case Study at English
Course for Young Learners. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.009
Wahyuningsih, S. (2023). The Role of Parents in Enhancing Children’s English Skills:
Evidence From Indonesia. Lectura Jurnal Pendidikan, 14(2), 187–197.