DIGITALISASI BUKU BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS 1 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BUKIT KAPUR

Authors

  • Nurul Olivia Dewi SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI DUMAI
  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i2.1111

Keywords:

Digitalisasi, Sekolah, Bahasa Inggris

Abstract

Proyek digitalisasi buku Bahasa Inggris untuk siswa kelas 1 bertujuan untuk memodernisasi metode
pembelajaran dan memudahkan akses materi ajar melalui media digital. Proses digitalisasi ini
melibatkan konversi buku cetak ke dalam format digital interaktif yang ramah pengguna dan dapat
diakses melalui perangkat elektronik seperti tablet dan komputer. Tenaga pengajar di Sekolah Dasar
Negeri 006 Bukit Kapur masih menerapkan pembelajaran menggunakan buku cetak. Sehingga siswa
menjadi mudah bosan. Hal ini tentu jadi menurunnya ketertarikan siswa terhadap belajar, serta
minat belajar bahasa inggris juga berkurang. Digitalisasi dapat digunakan dalam meningkatkan
pembelajaran pada siswa dengan menggunakan animasi dan juga ikon/karakter yang menarik.
Digitalisasi ini dirancang untuk meningkatkan minat belajar pada siswa dan ketertarikan siswa
terhadap bahasa inggris sebagai bahasa international. Model metode pengembangan dalam
penelitian ini yang digunakan adalah Model MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Hasil
akhir dari digitalisasi ini dengan Presentase tanggapan responden terhadap skor ideal rata-rata
sebesar 85% dengan kriteria sangat baik (SB), maka tingkat keberhasilan Digitalisasi Buku Bahasa
Inggris Untuk Sekolah Dasar Kelas 1 Pada Sekolah Dasar Negeri 006 Bukit Kapur sangat bermanfaat
untuk menambah wawasan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agata, D., Yuniarti, H., & Adison, A. A. P. (2021). Teaching English Vocabulary to Young

Learners via Augmented Reality Learning Media. Beyond Words, 9(2), 91–99.

https://doi.org/10.33508/bw.v9i2.2772

Chen, R. W., & Chan, K. K. (2019). Using Augmented Reality Flashcards to Learn Vocabulary

in Early Childhood Education. Journal of Educational Computing Research, 57(7),

–1831. https://doi.org/10.1177/0735633119854028

Mustafa, M. C., & Ahmad, M. I. (2017). Effective Interaction Strategies in Teaching and

Learning of English for Preschool Children. International Journal of Academic

Research in Progressive Education and Development, 6(4).

https://doi.org/10.6007/ijarped/v6-i4/3350

Ndraha, V. E., & Kurniawan, M. (2019). Playing “CABE” (Searching and Whispering) to

Increase Children’s English Vocabulary. Jpud - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1),

–157. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.11

Pertiwi, R. S., Salabiyati, I., Damara, D., & Pratolo, B. W. (2020). The Teacher’s Perspectives

About Challenges of Teaching English for Young Learners: A Case Study at English

Course for Young Learners. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.009

Wahyuningsih, S. (2023). The Role of Parents in Enhancing Children’s English Skills:

Evidence From Indonesia. Lectura Jurnal Pendidikan, 14(2), 187–197.

https://doi.org/10.31849/lectura.v14i2.14309

Downloads

Published

2024-12-29

How to Cite

Dewi, N. O., Ari Sellyana, & Tri Yuliati. (2024). DIGITALISASI BUKU BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS 1 PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 006 BUKIT KAPUR. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 12(2), 141–151. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i2.1111