GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA BERBASIS ANDROID KELAS XI DI SMA YKPP DUMAI

Authors

  • Regina Azulfa Audira
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.413

Keywords:

Android, Animasi, Edukasi, Game

Abstract

Game adalah kata berbahasa inggris yang bearti permainan atau pertandingan,atau bisa diartikan sebagai aktifitas terstuktur yang biasanya dilakukan untuk bersenang-senang. Game atau permainan merupakan sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang dan ada yang kalah,biasanya dalam konteks tidak serius dengan tujuan refreshing. Sejarah adalah gambaran tentang masa lalu manusia dan sekitarnya sebagai makhluk social dimana pendidikan sejarah merupakan bagian dari usaha penanaman nilai-nilai yang fungsional untuk menanamkan pengetahuan. Hal ini disebabkan adanya keyakinan bahwa materi pendidikan sejarah mampu mengembangkan sifat dan karakter generasi bangsa. Namun dalam pembelajaran kurang menarik minat belajar siswa karena system pembelajaran yang kurang efektif dan metode yang bersifat monoton. Dengan perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat saat ini minat belajar peserta didik mulai berkurang maka dibutuhkan sebuah media edukasi yang memanfaatkan situasi perkembangan teknologi agar dapat meningkatkan minat belajar serta memudahkan dalam pembelajaran sejarah. Pada penelitian ini game dirancang untuk dimainkan single player saja dan dibangun menggunakan aplikasi adobe animate dan didesain menggunakan storyboard, storyline dan bagan alir Unified Modeling Language (UML). Dari hasil implementasi dapat disimpulkan bahwa dengan game edukasi yang dapat mempermudah siswa kelas XI dalam proses pembelajaraan sejarah Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arta, A., & Putri, D. A. P. (2020). Game Edukasi Pembelajaran Sejarah Berdirinya Indonesia untuk Sekolah Dasar. Emitor: Jurnal Teknik Elektro, 20(02), 91–95. https://doi.org/10.23917/emitor.v20i02.9085

Dimas Prasetyo Hendar Linden, A., & Abeputra Sihombing, R. (2020). STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi) APLIKASI PENGENALAN SEJARAH INDONESIA BERBASIS ANDROID.

Hardiansyah, A., & Mauliana, P. (2021). Aplikasi Game Edukasi Mengenal Pahlawan Indonesia Berbasis Android Pada SDN Ciburuy. 2(2).

Hamka, W. A., & Gani, A. (2016). IJIS Indonesian Journal on Information System. 1(2), 78–88.

M.Adil, R. H. dan. (2014). Sejarah Indonesia Wajib (Erlangga (ed.); ke-3).

Munawar, 2018, "ANALISIS PERANCANGAN SISTEM BERORIENTASI OBJEK DENGAN UML"

Rahma, & Nurhayati. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Game Edukasi Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 1(1), 38–41.

Setiawan, E. B. (2019). Membangun Aplikasi Android Web Dan Web Service (Ke-9). Informatika Bandung.

Sintaro, S. (2020). Rancang Bangun Game Edukasi Tempat Bersejarah Di Indonesia. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 51–57. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.153

Suryadi, A. (2017). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8-13.

Published

2022-12-20

How to Cite

Azulfa Audira, R., Yuliati, T., & Handayani, T. (2022). GAME EDUKASI SEJARAH INDONESIA BERBASIS ANDROID KELAS XI DI SMA YKPP DUMAI . JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(2), 86-94. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.413

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>