Perhitungan Harga Pokok Produksi Usaha Dagang Bakso Tusuk 26 Di Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/arti.v19i1.789Keywords:
Full Costing, Harga Pokok Produksi, Marketing Mix, UD Bakso Tusuk 26Abstract
Biaya produksi mencakup bahan baku langsung, tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik, persediaan produk awal, dan mengurangi persediaan produk akhir. Strategi bisnis, khususnya strategi pemasaran, sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Penelitian ini menggunakan metode Full Costing dan pendekatan Marketing Mix untuk menganalisis perbandingan antara perhitungan HPP menggunakan metode Full Costing dan perhitungan UD Bakso Tusuk 26, serta memberikan rekomendasi strategi pemasaran yang tepat menggunakan pendekatan Marketing Mix. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa biaya produksi menurut UD Bakso Tusuk 26 adalah Rp 367,29 per buah, sedangkan dengan metode Full Costing adalah Rp 389,94 per buah, menunjukkan selisih sebesar Rp 22,65 lebih rendah dibandingkan dengan metode Full Costing. Kuesioner dan observasi yang diproses dengan software SPSS mengungkapkan bahwa faktor-faktor marketing mix yang paling berpengaruh terhadap penjualan bakso ayam adalah promosi dengan bobot 1,624; tempat dengan bobot 1,515; produk dengan bobot 1,358; dan harga juga dengan bobot 1,358. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini memberikan wawasan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran UD Bakso Tusuk 26.
Downloads
References
Afriani dkk (2023). Pengenalan Bauran Pemasaran (4p) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Produk Olahan Siswa Siswi Smkn Agribisnis Dangau Datuk Kota Bengkulu, Jurnal Budimas, Vol. 05, No. 01.
Badriah, E., dan Nurwanda., A., 2019, Penerapan Metode Full Costing dalam Menentukan Harga Pokok Produksi Pembangunan Rumah, Jurnal Moderat, Vol.5 No. 4, Hal. 411-421.
Fadli, I. N. dan Ramayanti, R. (2020) Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing ( Studi Kasus Pada UKM Digital Printing Prabu ), Jurnal Akuntansi, Vol 7 No. 2.
Harefa, P. R. A., Zebua, S., Bawamenewi, A. (2022) Analisis Biaya Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Dalam Perhitungan Harga Pokok Produksi. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi, Vol.1 No. 2, Hal. 218-223.
Hartatik, S., 2019, Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Menggunakan Metode Full Costing Sebagai Dasar Penetapan Harga Jual Pada UD Mutiara Meubel, Soscied, ISSN: 2622-8866, Vol. 2, No. 2, Hal. 56-63.
Kotler, P., dan Armstrong, G. 2008. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid I Edisi Kesembilan. PT.Indeks Gramedia, Jakarta.
Kotler, P., dan Keller, K. L. 2009. Manajmen Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid Pertama. Diterjemahkan oleh Bob Sabran. Erlangga, Jakarta.
Mamonto, F. W., Tumbuan, W. J. F. ., & Rogi, M. H. (2021). Analisis Faktor- faktor Bauran Pemasaran (4P) terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Podomoro Poigar di Era Normal Baru. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol 9 (No. 2), hal 110– 121.
Maniagasi, W. V. M., Histiarini, A. R., Karyatun, S. N. (2022) Perancangan Strategi Pemasaran Produk Anyaman Mereyip (Parthenocissus Quinquefolia) Dengan Metode Marketing Mix 7p. Industrial Engineering Journal – System, Volume 01, Hal: 43-57.
Masrur, M. dan Arwani, A. (2019) Analisis Strategi Pemasaran Pengusaha Batik Kelurahan Banyurip Pekalongan Dengan Pendekatan Marketing Mix Berbasis Syariah. Jurnal Studi Ekonomi Dan Bisnis Islam, Volume 4 (No.1) hal: 42-63.
Mulyadi (2016), Sistem Infoemasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
Nurngaeni, A. ( 2021) Analisis Strategi Pemasaran Dengan Pendekatan Marketing Mix (Studi Kasus Pada Home Industry Subama Batik Kroya-Cilacap). Jurnal Manajemen dan Ekonomi, Hal : Vol. 4 No. 2.
Poluan, F. M. A., Mandey, S. L., Ogi, I. W. J. (2019) Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Pada Minuman Kesehatan Instant Alvero). Jurnal Emba, Vol.7 No.3 Hal. 2969 – 2978.
Pomantow, L. P., Tinangon, J. J., Runtu, T. (2021) Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Full Costing Pada Rm. Ayam Goreng Krispy Dahar. Jurnal Emba Vol.9 No.3, Hal. 843 – 852.
Putri, B.R.T. (2017). Manajemen Pemasaran (Edisi 1). Universitas Udayana,
Denpasar.
Salman (2013), Akuntansi Biaya Pendekatan Product Costing. Jakarta: Akademi Permata.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Edisi 19). Alfabeta, Bandung.
Sumarni, M. dan Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta
Wati, P.E.D.K. and Murnawan, H. (2022) ‘Perancangan Alat Pembuat Mata Pisau Mesin Pemotong Singkong Dengan Mempertimbangkan Aspek Ergonomi’, JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 9(1), pp. 59–69. Available at: https://doi.org/10.24853/jisi.9.1.59-69