Implementasi Chatbot Autoreply Pada Aplikasi Whatsapp Dengan Metode Prototype Dan Decision Tree Menggunakan Node JS Dan Spreadsheet (Studi Kasus Orange Laundry)

Penulis

  • T Haykal Namdzulhajjri Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Merina Pratiwi
  • Welly Desriyati

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.636

Kata Kunci:

ChatBot, Whatsapp, API, Metode Prototype, Metode Decision Tree

Abstrak

Orange Laundry merupakan sebuah usaha yang menyediakan layanan mencuci, gosok dan lipat pakaian yang berada di Jalan Sukajadi, Rimba Sekampung, Kota Dumai. Dalam menjalankan sebuah usaha laundry, permasalahan yang sering dihadapi adalah tidak imbangnya jumlah tenaga kerja dengan permintaan pelanggan. Semakin hari jumlah pelanggan bertambah, pelanggan kerap menghubungi laundry untuk bertanya apakah pakaiannya sudah selesai atau belum. Akan tetapi pekerja yang bertugas menangani hal tersebut tidak sebanding dengan permintaan yang masuk sehingga seringkali terdapat pelanggan yang diabaikan. Oleh sebab itu dalam mengatasi masalah yang di alami oleh Orange Laundry tersebut, penerapan ChatBot bisa membantu Orange Laundry dalam mengatasi masalah pemintaan pelanggan mengenai pakaian pelanggan yang sudah selesai atau belum. Pengembangan ChatBot pada aplikasi WhatsApp membutuhkan pemrograman dan penggunaan API WhatsApp. Pemograman yang dimaksud yaitu Node Js sebagai platform pemrograman javascript yang populer dan sering digunakan untuk membuat aplikasi web dan mobile dengan metode Prototype dan Decision Tree sebagai pengembangan dan alur program.

Hasil pengujian aplikasi bahwa aplikasi tersebut dapat memudahkan pihak Orange Laundry dalam merespon customer yang bertanya, serta mengolah data customer dan dapat dicetak sesuai rentang tanggal yang dipilih.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmara, J. (2020). Perancangan Sistem E-Learning Berbasis Web Pada SMP N 2 Busalangga. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 3(1), 29–37.

Bratha, G. E. (2022). Literature Review Komponen Sistem Informasi Manajemen: Software, Database Dan Brainware. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(3), 344–360. https://doi.org/10.31933/jemsi.v3i3.824

Hafizan, H. S. T. B., & Putri, A. N. S. T. B. (2020). Penerapan Metode Klasifikasi Decision Tree Pada Status Gizi. Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer & Manajemen), 1(2), 68–72.

Ramadhan, F. (2020). Penerapan Chatbot Auto Reply Pada Whatsapp Sebagai Pusat Informasi Praktikum Menggunakan Artificial Intelligence Markup Language. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(1), 198–205. https://doi.org/10.36040/jati.v4i1.2375

Santoso, D. L. (2021). Penerapan Artificial Intelligence dalam Aplikasi Chatbot sebagai Media Informasi dan Pembelajaran mengenai Kebudayaan Bangsa. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 6(3), 579–589. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/informatika579

Satria. (2021). Penyusunan Laporan Keuangan Perusahaan Menggunakan Aplikasi Spreadsheet. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 320–338. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v3i2.146

Sudradjat. (2021). Penerapan Metode Prototype Sistem Informasi Peminjaman Ruang Meeting. Remik, 5(2), 11–15. https://doi.org/10.33395/remik.v5i2.10873

Suhaimah. (2021). Cyber Library: Pengembangan Perpustakaan Online Berbasis Web Menggunakan Metode Prototyping (Studi Kasus Universitas Nasional). Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 4(2), 41. https://doi.org/10.35870/jtik.v5i1.199

Trimarsiah. (2017). Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19 No, 1–10.

Utama, D. (2022). Aplikasi Manajemen Pembayaran Uang Kuliah Berbasis Whatsapp API Di Sekolah Tinggi Teknologi Dumai. JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(2), 54–61. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.432

Downloads

Diterbitkan

2023-12-29

Cara Mengutip

Namdzulhajjri, T. H. ., Pratiwi, M. ., & Desriyati, W. . (2023). Implementasi Chatbot Autoreply Pada Aplikasi Whatsapp Dengan Metode Prototype Dan Decision Tree Menggunakan Node JS Dan Spreadsheet (Studi Kasus Orange Laundry) . Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 11(2), 99–107. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v11i2.636

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama