PENGEMBANGAN GAME SAVE MANGROVE EART

Penulis

  • Roki Marpaung Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.361

Kata Kunci:

Mangrove, Game, Edukasi

Abstrak

Mangrove (hutan bakau) merupakan ekosistem yang menjadi “jembatan” antara ekosistem lautan dan daratan. Mangrove menjadi ekosistem utama pendukung kehidupan yang penting di wilayah pesisir. Ekosistem mangrove memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung. Sekarang ini dalam keadaan kritis ketersediaannya. Hal ini disebabkan adanya degradasi hutan mangrove akibat penebangan yang melampuai batas kemampuan kelestariannya. Inisiatif untuk melindungi dan merehabilitasi hutan mangrove telah menyebar ke seluruh lapisan, baik dari pihak pemerintah, organisasi - organisasi peduli lingkungan, maupun masyarakat umum. oleh karena itu penulis berinisiatif membuat game mengenai mangrove yang merupakan game edukasi maze untuk anak usia dini mulai dari 5 tahun ke atas yang berisi bagaimana menebak gambar urutan menanam selain bermain juga berisi pembelajaran. dimana edukasi mengenai mangrove di kenalkan dengan game. Melalui pendekatan konsep petualangan diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang baru dan menyenangkan bagi anak-anak dalam mengenal pembudidayaan mangrove Agar kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan mangrove dapat berhasil sesuai dengan tujuan awal,.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Putra, Wahyu Dian , A. Prasita Nugroho , Erri Wahyu Puspitarini, 2016, Game Edukasi Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan Vol.1, No.1 Maret 2016 ISSN. 2502-5716, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Merdeka Pasuruan

Hikam, Rahman Arif, 2013, Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Materi Pelestarian Lingkungan, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang,

Dahuri, R., J. Rias, S.P. Ginting, dan M.J. Sitepu, 2002. Pengelolaan Sumberdaya Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Pradnya Paramita, Jakarta.

Bengen, D.G. 2000. Pedoman Teknis Pengenalan dan Sistem Pengelolaan Mangrove. PKSPL-IPB, Bogor

Henry, Samuel. 2011,Cerdas Dengan Game, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,

Azhar Arsyad.. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Pustaka

Nilwan. 2010), Pemrograman Animasi dan Game Profesional. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Harsan, A. 2009, Jago Membuat Game Komputer, Mediakita, Jakarta.

Diterbitkan

2022-06-23

Cara Mengutip

Marpaung, R. ., Yuliati, T., & Urva, G. (2022). PENGEMBANGAN GAME SAVE MANGROVE EART. JUTEKINF (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 37 - 41. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.361

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama