SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI LEARNING DISABILITY SISWA SEKOLAH INKLUSI METODE SMCS BERBASIS CBR

Authors

  • Muhammad Ravie Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Gellysa Urva Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Handayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.412

Keywords:

Case Based Reasoning, Learning Disability, Pendidikan Inklusif, Sistem Pakar, Simple Matching Coefficient Similarity

Abstract

Ada berbagai faktor mengapa siswa mengalami kesulitan belajar dan salah satunya ialah mengalami learning disability (kesulitan belajar spesifik). Ada salah satu siswa kelas VI yang diduga memiliki learning disability. Siswa ini tidak mampu mengikuti semua pembelajaran dengan baik karena kesulitan membaca yang dialami sejak masuk sekolah.

Kita dapat melihat bahwa guru kurang mengetahui apakah siswa mengalami learning disability karena tidak diidentifikasi dengan baik dan kurangnya penanganan yang tepat oleh guru untuk menyelesaikan masalah learning disability yang dialami oleh siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka peneliti memberikan suatu solusi yaitu dengan sistem pakar. Sistem pakar dapat menggantikan seorang yang ahli dibidangnya untuk mengidentifikasi learning disability siswa pada SDN 023 Teluk Binjai.

Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah learning disability adalah metode Simple Matching Coefficient Similarity (SMCS) berbasis Case Based Reasoning (CBR), yang mana dihitung banyaknya pilihan berdasarkan perbandingan kasus lama dan kasus baru.

Berdasarkan hasil perhitungan identifikasi siswa yang dilakukan, maka didapat nilai similaritas tertinggi adalah penyakit Learning Disability jenis Dyslexia dengan nilai 0,6 atau 60%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa teridentifikasi mengalami penyakit Dyslexia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amrizal, V., & Aini, Q. (2013). KECERDASAN BUATAN. Ciputat: Halaman Moeka Publishing.

Hartono, J. (2015). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Hayadi, B. H. (2018). Sistem Pakar. Yogyakarta: Deepublish.

Hendriani, S., Nurcahyo, G. W., & Yunus, Y. (2021). Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Penanda Minat Karakteristik Ekstrakurikuler Berbasis Case Based Reasoning. 3(4), 209–214. https://doi.org/10.37034/jidt.v3i4.154

Lubis, M. S. Y. (2021). Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu. 1–7.

Permana, Y., & Romadlon, P. (2019). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENJUALAN PERUMAHAN MENGUNAKAN METODE SDLC PADA PT. MANDIRI LAND PROSPEROUS BERBASIS MOBILE. 10(2), 153–167. Diambil dari yudi@pelitabangsa.ac.id

Pratiwi, H. (2019). BUKU AJAR: SISTEM PAKAR. Kuningan: Goresan Pena.

Romadhon, M., & Supena, A. (2021). Penanganan Siswa Learning Disabilities di Sekolah Dasar Inklusi. 5(3), 1471–1478. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.941

Suhaidi, M. (2016). Konsep Dasar Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta.

Swari, M. H. P., Arianti, R. W., & Muttaqin, F. (2020). CASE-BASED REASONING PEMBERIAN REKOMENDASI PROFESI BERDASARKAN MINAT DAN BAKAT SISWA MENGGUNAKAN SIMPLE MATCHING COEFFICIENT SIMILARITY. 3(1), 35–45. https://doi.org/10.31598

Vratiwi, S., Yunus, Y., & Nurcahyo, G. W. (2020). Identifikasi Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus Menggunakan Metode Case Based Reasoning. 2(1), 1–8. https://doi.org/10.37034/jsisfotek.v2i1.14

Yudhayanto, Y., & Purbaya, A. (2014). Toko Online dengan PHP dan MySQL. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Ravie, M., Urva, G., & Handayani, T. (2022). SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI LEARNING DISABILITY SISWA SEKOLAH INKLUSI METODE SMCS BERBASIS CBR. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 10(2), 62–75. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.412

Most read articles by the same author(s)