Aplikasi Edukasi Tematik Tumbuhan Pada TK Bunda Kreatif Kota Dumai Berbasis Android

Penulis

  • Jihan Viyona jihan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Tri Yuliati Sekolah Tinggi teknologi Dumai
  • Ari Sellyana Sekolah Tinggi teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i1.667

Kata Kunci:

Android, Aplikasi, Multimedia Development Life Cycle (MDLC)

Abstrak

TK Bunda Kreatif merupakan jenjang pendidikan anak usia dini (usia 6 tahun atau dibawahnya) dalam bentuk pendidikan formal yang berlokasi di Jaya Mukti, Jl. Bandes, Tj. Palas, Dumai Timur, Kota Dumai, Riau. TK Bunda Kreatif telah menggunakan buku tematik Pintar Belajar dimana guru menggunakan buku yang membahas satu tema sebagai fokus dari kegiatan pembelajaran. Untuk memudahkan pemahaman anak dalam proses belajar mengajar, maka dibutuhkan media tematik agar pembelajaran tersebut lebih nyata dan menarik minat sehingga pelajaran lebih mudah dicerna oleh anak. Berkaitan dengan permasalahan tersebut, maka diperlukan media pembelajaran agar dapat menyampaiakan informasi secara optimal dalam pembelajaran tematik ini. Penelitian dirancang menjadi media edukasi berupa aplikasi berbasis video animasi 2d dan dibuat lebih menarik untuk menambah minat murid dalam belajar. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Media pembelajaran ini terdiri dari beberapa materi yaitu Tanaman Obat, Tanaman Bunga, Tanaman Buah dan Tanaman Sayur yang dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menarik minat Taman Kanak-Kanak dalam mempelajari penjelasan dan jenis tanaman serta bersifat menghibur dalam kegiatan dan rutinitas proses belajar mereka sehari-hari.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A.S Rosa, Shalahuddin, 2016. Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung

Ayu, D. P., Iriyanto, T., & Twinsari, R. D. (2020). Media Big Book Portable berbasis Audio-visual dalam Pembelajaran Tematik pada Anak usia 4-5 tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18–27

Juniarti, R., Siagian, T. N., Al, U., Labuhanbatu, W., Informatika, T., Al, U., Labuhanbatu, W., Informatika, T., Al, U., & Labuhanbatu, W. (2021). Sistem Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Paud Pada Sekolah TK IT Imam Syafii Menggunakan Adobe Flash. XX(Xx), 6–13. https://doi.org/10.52332/u-net.v5i1.326

Marpaung, R., Yuliati, T., & Urva, G. (2022). Pengembangan Game Save Mangrove Eart. Jutekinf (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 37–41.

Wardani, C., Sa, N., & Abidin, R. (2019). PENGARUH PEMBELAJARAN TEMATIK KELAUTAN TERHADAP PENANAMAN KARAKTER KEBAHARIAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK HANG TUAH 12 SURABAYA Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP , Universitas Muhammadiyah Surabaya PENDAHULUAN Berdasarkan letak geo. 5, 67–72.

Yuliastri, N. A., & Sandy Ramdhani. (2018). Pengembangan Pembelajaran Tematik Integratif Untuk. 3(1), 44–58. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/898

Downloads

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

jihan, J. V., Yuliati, T., & Sellyana, A. (2024). Aplikasi Edukasi Tematik Tumbuhan Pada TK Bunda Kreatif Kota Dumai Berbasis Android. Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi, 12(1), 36–44. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v12i1.667

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>