Desain Metaverse : The Future of Tourism Pariban Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless User Defined Target

Penulis

  • Septiana Dewi Andriana Universitas Harapan Medan
  • Fera Damayanti Universitas Harapan Medan

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.668

Kata Kunci:

Metaverse, The Future of Tourism, Pariban, Augmented Reality, Markerless User Defined Target

Abstrak

The future of tourism nanti nya akan berada pada dunia Metaverse, dimana pelancong maupun wisatawan diberikan nuansa baru untuk bepergian dalam konteks virtual 3D. Nuansa baru di dunia Metaverse ini menyajikan pengalaman secara virtual untuk bisa melihat destinasi wisata terlebih dahulu sebelum langsung datang ke tempat wisata tersebut, tanpa mengurangi nilai esensial dari wisata tersebut. Pariban atau lebih lengkap nya dikenal dengan Wisata Pemandian Air Panas Pariban merupakan salah satu objek wisata iconic yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Pariban sendiri memiliki lokasi area yang luas, dan menawarkan pemandangan alam berupa Gunung Sibayak. Hal ini yang menjadi daya tarik tersendiri dari Pariban. Augmented Reality atau AR merupakan teknologi yang dapat menvisualisasikan dunia maya terhadap dunia nyata dalam bentuk penggabungan dari objek 2D atau 3D. Teknologi AR ini merupakan salah satu teknologi yang terpenting dari 2 teknologi (Virtual Reality / VR dan Cloud Computing) lainnya untuk memasuki era Metaverse. Markerless user defined target merupakan salah satu metode dari AR yang dapat digunakan saat melakukan tracking yang dapat berfungsi sebagai pembaca permukaan datar, jarak, bentuk objek, sudut kamera ataupun cahaya. Urgensi dari penelitian ini adalah membangun aplikasi AR Pariban yang diharapkan dapat menyongsong datangnya masa depan pariwisata di era Metaverse. Tujuan dari penelitian ini adalah menghadirkan pengalaman baru bagi pelancong dalam menjelajah Pariban dengan konsep virtual 3D untuk menikmati objek wisata tanpa harus datang terlebih dahulu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aryanti, Nurul, Bagus Haryono, and Veronika Genua. 2022. Sistem informasi dan teknologi digital era Metaverse Sistem Informasi Dan Teknologi Digital Era Metaverse.

Ayu, Riyanti Diyah. 2022. “Optimalisasi Pariwisata Berbasis Metaverse Sebagai Upaya Revitalisasi Konsep Pariwisata Berkelanjutan.” : 1–3. https://www.kompasiana.com/diyah76831/636aea303788d40f2a436a02/optimalisasi-pariwisata-berbasis-metaverse-sebagai-upaya-revitalisasi-konsep-pariwisata-berkelanjutan.

Buhalis, Dimitrios, and Nurshat Karatay. 2022. Information and Communication Technologies in Tourism 2022 Mixed Reality (MR) for Generation Z in Cultural Heritage Tourism Towards Metaverse.

Damayanti, Fera, Fauzan Fauzan, Nurwulan Nurwulan, and Rismayanti Rismayanti. 2023. “Implementasi Augmented Reality Metode Marker Dalam Pengenalan Cryptocurrency.” Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) 22(1): 120.

Edy, Rachmat, Haida Dafitri, and Septiana Dewi Andriana. 2022. “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Atribut TNI Angkatan Darat Berbasis Android.” Journal of Information System Research (JOSH) 4(1): 253–60.

Gusman, Randy, and Meyti Eka Apriyanti. 2016. “Analisis Pemanfaatan Metode Markerless User Desined Target Pada Augmented Reality Sholat Shubuh.” Jurnal Infotel 8(1): 64–70. https://media.neliti.com/media/publications/104637-ID-none.pdf.

Lubis, Ihsan, Hediningtias Wulaningrum, and Septiana Dewi Andriana. 2022. “Augmented Reality Pengenalan Lingkungan Kampus II Universitas Harapan Medan Dengan Metode Markerless.” Jurnal Krisnadana 2(1): 233–42.

Mustika. 2018. “Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc).” Jurnal Mikrotik 8(1): 1–14.

Narin, Nida Gökçe. 2021. “A Content Analysis of the Metaverse Articles.” Journal of Metaverse 1(1): 17–24.

Wiryatama, Gede Ari, and Nyoman Dini Andiani. 2019. "Analisis Kekuatan Dan Kelemahan Obyek Wisata Air Panas Penatahan Tabanan Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan". Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata 1(2): 90.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Andriana, S. D., & Damayanti, F. (2023). Desain Metaverse : The Future of Tourism Pariban Berbasis Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless User Defined Target. JURNAL UNITEK, 16(2), 172–182. https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.668

Terbitan

Bagian

Articles