Studi Kelayakan Kepuasan Pelanggan PAMSIMAS Bagan Keladi Berbasis Web Menggunakan Metode CSI (Customer Satisfaction Index)
DOI:
https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i2.436Kata Kunci:
CSI, Customer Satisfaction, RATERAbstrak
PAMSIMAS Bagan Keladi merupakan organisasi yang menyediakan sistem penyediaan air minum dan sanitasi dengan pendekatan berbasis masyarakat yang disusun dalam Rencana Aksi Daerah bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RADAMPL) dan dibentuknya KP-SPAM yang bertugas sebagai pengelola air bersih tersebut. Dengan misi menyediakan air bersih yang memenuhi standar pelayanan, pengelolaan dengan professional, dan melestarikan sumber daya air maka pihak KP-SPAM dituntut untuk terus meningkatkan pelayanan secara professional dan optimal dalam rangka usaha untuk memberikan kepuasan pelanggan. Mengingat pentingnya aspek mutu pelayanan dan aspek kepuasan pelanggan bagi keberlangsungan organisasi, maka penulis melakukan penelitian untuk mengetahui kepuasan pelanggan menggunakan metode CSI (Customer Satisfaction Index). Dimana CSI digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan secara menyeluruh dengan melihat kepentingan dan kepuasan terhadap 5 dimensi atau RATER (Responsiveness, Assurance, Tangibles, Empathy, dan Reliability). Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil pencarian CSI untuk kepuasan pelanggan berada pada klasifikasi “PUAS” dengan nilai 68,39%.
Unduhan
Referensi
Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan dengan Indeks Kepuasan (Revisi). BPFE-Yogyakarta.
Amri, H. R., Subagio, R. T., & Kusnadi. (2020). Penerapan Metode CSI untuk Pengukuran Tingkat Kepuasan Layanan Manajemen. Jurnal Sistem Cerdas, 3(Asosiasi Prakarsa Indonesia Cerdas), 241–252.
Burelia, U., Urva, G., & Sellyana, A. (2022). Mengukur Tingkat Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kepolisian Resor(Polres) Dumai Menggunakan Algoritma K-Means Clustering. Jutekinf (Jurnal Teknologi Komputer Dan Informasi), 10(1), 12–18. https://doi.org/10.52072/jutekinf.v10i1.354
Indonesia. (2004). Undang-Undang No 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Undang-Undang No 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air, 13–26. https://doi.org/10.1007/978-3-030-16565-9_2
Nugraha, N. B. (2021). Implementasi Metode Customer Satisfaction Index ( Csi ) Untuk Menganalisa Kepuasan Pelanggan Pada Family. 6(2), 2–7.
Pranata, M. N., Hartiati, A., & Sadyasmara, C. A. B. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Produk dan Pelayanan di Voltvet Eatery and Coffee menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Agroindustri, 7(4), 594. https://doi.org/10.24843/jrma.2019.v07.i04.p11
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV ALFABETA.
Suryanto, M. H. (2017). Metode Riset dan Analisis Saluran Distribusi. PT Grasindo.
Umum. (2013). Pedoman Pamsimas 2013. 1–23.
Umum. (2022). Pedoman Pamsimas 2022.
Widodo, S. M., & Sutopo, J. (2018). Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-commerce Model Business to Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1), 38–45.
Wonga, G. dkk. (2020). Customer Satisfaction Index Pengguna Bus Trans Jakarta. Customer Satisfaction Index Pengguna Bus Trans Jakarta, 6(4), 2–3.