Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Pada PT Sinar Semesta

Authors

  • dartawan dartawan universitas teknologi yogyakarta
  • Widya Setiafindari Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.517

Keywords:

Cacat Produk, Eq Spacing, Kaizen, Pengendalian Kualitas, Seven Tools

Abstract

PT Sinar Semesta merupakan perusahaan industri bergerak dalam bidang pengecoran logam yang salah satu produksinya adalah Eq Spacing. Permasalahan yang timbul di PT Sinar Semesta adalah kualitas pada produk yang masih mengalami kecacatan, Berdasarkan hasil analisis bulan November 2021 sampai bulan Agustus 2022 dengan jumlah produksi keseluruhan yaitu 3134 produk, terdapat data reject sebanyak 794 produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan jenis-jenis cacat serta faktor penyebab cacat yang paling dominan. Penelitian ini menggunakan metode Seven Tools untuk menemukan akar penyebab masalah yang diselesaikan, serta Kaizen Five-M Checklist untuk memberikan usulan perbaikan pada perusahaan. Berdasarkan hasil diagram pareto untuk kecacatan ekor tikus diperoleh presentase kecacatan sebesar 93% dengan presentase kumulatif sebesar 93%, untuk kecacatan salah alir diperoleh presentase kecacatan sebesar 7% dengan presentase kumulatif sebesar 100%. Berdasarkan diagram fishbone dapat diketahui terjadinya cacat disebabkan beberapa faktor yaitu dari manusia, material, metode. Usulan perbaikan masalah yang didapatkan pada analisis kaizen adalah dengan peningkatan pengawasan terhadap pekerja, pengarahan SOP terutama pada proses material (bahan baku), dan juga perlu melakukan pelatihan untuk mengasah kemampuan pegawai pada perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamdani, H., Wahyudin, W., Putra, C. G. G., & Subangkit, B. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Produk 4L45W 21.5 MY Menggunakan Seven Tools dan Kaizen. Go-Integratif: Jurnal Teknik Sistem dan Industri, 2(02), 112-123.

Nugraha Gusniar, I., & Nafis Ramadhan, D. (2022). Pengendalian Kualitas Menggunakan Seven Tools Dan Kaizen Pada Part PLG Di PT Naratama Sayagai Indonesia. Serambi Engineering, VII(4).

V. Jayakumar, F. M. (2017). Implementation of Seven Tools of Quality in Educational Arena: a Case Study. International Journal of Mechanical Engineering and Technology Vol.8 Issue 8, 882-891.

Wicaksono, N. A. (2018b). Pengendalian Kualitas Produk Baju Kerja Perawat Untuk Meminimasi Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Seven Tools. Skripsi. Universitas Islam Indonesia, yogyakarta. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/1 1896

Matondang, T. P., & Ulkhaq, M. M. (2018). Aplikasi seven tools untuk mengurangi cacat produk white body pada mesin roller. J. Sist. dan Manaj. Ind, 2(2), 59.

Alfadilah, H., & Fashanah Hadining, A. (2022). Pengendalian Produk Cacat Piece Pivot pada PT. Trijaya Teknik Karawang Menggunakan Seven Tool dan Analisis Kaizen. Serambi Engineering, VII(1).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta cv, Bandung

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Jay Heizer & Barry Render. Manajemen operasi, manajemen keberlangsungan dan rantai pasokan. Penerbit salemba empat

Erdhianto, Y. (2021, March). Analisa Pengendalian Kualitas untuk Mengurangi Jumlah Cacat pada Kemasan Produk Gula Pasir PG Kremboong dengan Metode Seven Tools. In Prosiding senastitan: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (Vol. 1, No. 1, pp. 349-357).

Gunawan, I. S. (2016). Studi pengendalian kualitas produk benang pada proses spinning dalam upaya mengurangi tingkat kecacatan produk (Studi Kasus Pada PT. Apollo Utama Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Widyatama).

Marwan et al. (2022) “Analisa Produktivitas Divisi Produksi Pada Pt Jaya Tech Palmindo Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX),” Jurnal ARTI : Aplikasi Rancangan Teknik Industri, Volume 17(2).

Published

2023-05-31

How to Cite

dartawan, dartawan, & Setiafindari, W. (2023). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Metode Seven Tools Dan Kaizen Pada PT Sinar Semesta. Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 18(1), 29-38. https://doi.org/10.52072/arti.v18i1.517