Teknologi Mixed Reality Pada Aplikasi Pengenalan Hardware Komputer Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v17i2.823Kata Kunci:
Hardware, Mixed reality, Augmented Reality, Virtual RealityAbstrak
Dunia teknologi yang semakin berkembang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan, khususnya bagi siswa. Selama ini, siswa sangat bosan untuk mempelajari hal dari teks seperti buku. Dalam penggunaan komputer siswa sering kali tidak mengetahui 3 komponen dari komputer yaitu hardware, software dan brainware. Siswa hanya mampu mengoperasikan komputer tanpa mengenal hardware. Dalam penelitian ini, akan dirancang aplikasi untuk pengenalan hardware menggunakan mixed reality untuk media interaktif siswa dalam belajar mengenal hardware. Miixed reality menggabungkan teknologi augmented reality dengan teknologi virtual reality sehingga akan menarik siswa dalam belajar mengenal hardware komputer. Dalam melakukan proses perancangan ada 3 hal penting saat aplikasi akan dibangun, diantaranya yaitu membuka aplikasi mixed reality di platform android, kemudian scan objek tracker yaitu lantai, kemudian akan tampil objek 3D di platform android.
Unduhan
Referensi
Ansori, Z. (2019). Pelatihan Pengenalan Perangkat Keras Dan Perangkat Lunak Komputer Untuk Siswa-Siswi Sdn 1 Desa Batu Tegi Kecamatan Air Naningan. Z.A. Pagar Alam, 1(1), 35142.
Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(2), 119–124.
Endra, R. Y., & Agustina, D. R. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Perangkat Keras Komputer Menggunakan Augmented Reality. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 9(2), 63–69. https://doi.org/10.36448/jmsit.v9i2.1311
Jayaputra, A., Tolle, H., & Wardhono, W. S. (2017). Penerapan Mixed Reality Sebagai Sarana Pembelajaran Indera Penglihatan Manusia Menggunakan Teknologi Hologram. 1(9), 715–722.
Khalidy, F., Mardiah, M., Amir, S., & Saputri, K. D. (2023). Perancangan Sistem Monitoring Karyawan Berbasis Android Di Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara. Jurnal Unitek, 16(2), 183–195. https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.671
Mekel, W. J., Sompie, S. R. A., & Sugiarso, B. A. (2019). Rancang Bangun Game 3D Pertahanan Kerajaan Bowontehu. Teknik Informatika, 14(4), 455–464.
Putri, N. E. (2017). Aplikasi Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer. Edik Informatika, 1(2), 70–81. https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1427
Studi Manajemen Informatika Politeknik Palcomtech, P., Basuki Rahmat No, J., & Palembang, B. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). Jurnal Mikrotik, 8(1), 1–14.
Sumaryana, Y., & Hikmatyar, M. (2020). Aplikasi Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). TeIKa, 10(2), 117–124. https://doi.org/10.36342/teika.v10i2.2381
Wahyudi, A. K., Utama, E. S., & Ngantung, R. R. (2019). Alat Peraga Mixed Reality untuk Pembelajaran Anatomi Otak Manusia dengan Interaksi Occlusion Detection. CogITo Smart Journal, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.140.337-347