Pengukuran Balanced Scorecard dalam Upaya Peningkatan Kinerja Pada Start-up Car Care PT. X
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v16i2.601Kata Kunci:
Pengukuran kinerja; Manajemen; Balanced Scorecard; PerusahaanAbstrak
- X merupakan usaha start-up yang bergerak dibidang industri otomotif khusus car care penyedia layanan autodetailing pada mobil. Sebagai perusahaan yang baru berkembang PT. X memerlukan banyak upaya keberlanjutan dalam rangka mewujudkan sasaran-sasaran manajemen yang telah direncanakan salah satunya adalah dengan melakukan pengukuran kinerja perusahaan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PT. X jika diukur menggunakan metode Balanced Scorecard sebagai salah satu sistem dalam manajemen yang bersifat strategis dan komprehensif terhadap aspek keuangan maupun non keuangan dalam pengimplementasian baik disemua jenis organisasi. Dengan menggunakan empat perspektif menghasilkan kinerja yang buruk pada perspektif keuangan berdasarkan rasio net profit margin dan return on investment. Pada perspektif pelanggan menghasilkan nilai yang baik dari tingkat pemerolehan, retensi serta kepuasan pelanggan. Untuk perspektif proses bisnis internal menghasilkan nilai yang baik dari skor inovasi, layanan purna jual dan proses operasi. Sedangkan untuk perspektif karyawan menghasilkan nilai yang cukup buruk dilihat berdasarkan skor tingkat produktivitas dan kepuasan karyawan. Sehingga secara keseluruhan kinerja PT. X diukur menggunakan metode Balanced Scorecard memperoleh nilai yang cukup untuk kinerja perusahaannya.
Unduhan
Referensi
Bella, M. (2021). ANALISIS KINERJA MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD PADA PT. PELITA TRANSPORT PRIMA BATUSANGKAR. In INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BATUSANGKAR.
Hidayat, L., Hari Sulistyo, & Devi Erlita. (2022). Pengaruh Kompetensi Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja Dinas Pembekalan Tni Al. Jwm (Jurnal Wawasan Manajemen), 10(1), 34–44. https://doi.org/10.20527/jwm.v10i1.198
Hidayati, Y. (2013). Pengukuran kinerja perusahaan dengan pendekatan balanced scorecard pada pt global rising technologies. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 1(2), 183–189.
Nur Irawan, M. R. (2019). Penerapan Balance Scorecard Sebagai Tolak Ukur Pengukuran Kinerja Pada Hotel Elresas Lamongan. Jurnal Manajemen, 4(3), 1069. https://doi.org/10.30736/jpim.v4i3.273
Rahmad, J.A, Febrina, Wetri, Yusrizal, Y (2020). AnalisisPengendalian Kualitas RBDPO di PT. Aditya Seraya Khorita Dumai. Jurnal Unitek 13(1), 1-13.
Rahmi, H, Azmi, A, Fitra, F, Wardayanti, Trisma. (2022). Meminimalissir Biaya Pengiriman Barang dengan Metode Vogel Aproximation di PT.XYX. Jurnal Unitek 15(1) 73-81.
Rofaida, R., Suryana, Asti Nur Aryanti, & Yoga Perdana. (2020). Strategi Inovasi .pada Industri Kreatif Digital: Upaya Memperoleh Keunggulan Bersaing pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 8(3), 402–414. https://doi.org/10.33059/jmk.v8i3.1909
Sahrul, A. M., Kamase, J., & Tenriwaru, T. (2021). Performance Analysis Using Balance Scorecard in Pt Telkomsel. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.26618/profitability.v5i1.4853