Perencanaan Telab Sruktur Perkerasan Kaku Pada Subgrade Yang Berdaya Dukung Rendah Studi Kasus Jl Gaharu, Basilam Baru Kota Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1.574Kata Kunci:
Jalan, Manual desain perkerasan 2017, Subgrade, Daya Dukung TanahAbstrak
Jalan sebagai salah satu prasarana transportasi merupakan unsur penting dalam pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara, dalam pembinaan persatuan dan kesatuan bangsa, wilayah negara, dan fungsi masyarakat serta dalam memajukan kesejahteraan umum sebagaimana dimaksud dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Lancarnya sarana perhubungan pada suatu wilayah akan berdampak pada pesatnya pertumbuhan perekonomian wilayah itu sendiri, karena sistem mobilisasi barang dan jasa dapat berjalan lancar dan efesien. Perencanaan tebal suatu struktur perkerasan jalan merupakan salah satu bagian dari rekayasa jalan yang bertujuan memberikan pelayanan terhadap arus lalu lintas sehingga memberika rasa aman dan nyaman terhadap penguna jalan. Perencanaan tebal lapis perkerasan jalan dilakukan dengan menggunakan metode Manual Desain Perkerasan 2017. Berdasarkan penelitian, Perencanaan perkerasan kaku (rigid pavement) menggunakan jenis perkerasan beton semen bersambung dengan tulangan. Struktur perkerasan beton direncanakan dengan menggunakan ketebalan 180 mm atau 18 cm, dan untuk pondasi bawah menggunakan lapis pondasi agregat kelas A dengan tebal 12,5 cm.Didapatkan hasil perhitungan tulangan yaitu tulangan dengan arah memanjang menggunakan tulangan diameter 12 mm, jarak 22,5 cm, sedangkan tulangan dengan arah melintang menggunakan tulangan diameter 12 mm, jarak 45 cm.
Unduhan
Referensi
Agus suheri., 2019, Tinjauan Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Lambaro – BTS.Pidie dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Universitas Muhammadiyah Aceh
Alfi Reza Syafutra, 2020, Perencanaa Tebal Perkerasan Yang Ditinjau Dari Subgrade Nya Pada Jalan Bukit Cahaya Dumai Menggunakan Metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2017, Sekolah Tinggi Teknolagi Dumai.
Antoni Sargih, 2020, Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Beton, Jalan Arifin Ahmat, Dengan Metode Manual Desain Perkerasan 2017, Sekolah Tinggi Teknologi Dumai.
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2003, Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen
Hardiyatmo, Hary Christady. "Alternatif Solusi Pembangunan Perkerasan Jalan Pada Subgrade Berdaya Dukung Rendah." INFO-TEKNIK (2016): 1-12.
Hartanto, Fendy, and Chaidir Anwar Makarim. "Analisis alternatif perancangan desain dalam pembangunan jalan di atas tanah gambut." Jurnal Mitra Teknik Sipil 3.4 (2020): 005-013.
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Marga, 2017, Konsep Dasar dan Kontruksi Perkerasan Kaku, Bandung.
Muhammad Djailani, 2021, Analisis Tingkat Kerusakan Jalan Dan Pengaruh Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Raya Kota Dumai, Sekolah tinggi teknologi dumai.
Nababan, Dewi Sriastuti, Chitra Utary, and Zas Dinda Marwati Murdin. "Analisis Perencanaan Ulang Perkerasan Kaku Dengan Metode Manual Desain Perkerasan (MDP 2017)." Musamus J. Civ. Eng 4.01 (2021): 1-10.
Nababan, Michael Hizkia. Analisis Struktur Tebal Lapis Perkerasan Kaku Pada Pembangunan Proyek Jalan Tol Medan Binjai. Diss. Universitas Medan Area, 2021.
Nugraha, Wanda, Bambang Setiawan, and Noegroho Djarwanti. "Simulasi perilaku pelat beton sebagai perkerasan kaku di atas tanah lunak dengan analisis westergaard solution." Matriks Teknik Sipil 1.3 (2013).
Pattipeilohy, Jeckelin., Sapulette, W., Lewaherilla, N.M.Y., 2019, Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pada Ruas Jalan Desa Waisarisa – Kaibobu, Jurnal Ilmu Teknik Manumata