Analisa Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur Jalan Soekarno Hatta Dumai

Penulis

  • annisa furqan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sony Adya Putra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v3i2.1114

Kata Kunci:

LHR, Beban Sumbu Kendaraan, Kerusakan Jalan, Perkerasan Jalan

Abstrak

Jalan Soekarno Hatta merupakan jalur yang sering digunakan oleh berbagai kendaraan, salah satu penyebab terjadinya kerusakan jalan tersebut yaitu efek dari Beban kendaraan-kendaraan berat yang keluar masuk hal itu menimbulkan resiko, terutama bagi pengguna jalan seperti mahasiswa, para pelajar dan pekerja yang menggunakan jalan tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pedoman dari Bina Marga Pd T-14-2003. Hasil analisa lalu-lintas harian rata-rata pada kendaraan ringan seperti sedan, oplet, dan pick up 4.000 unit, untuk bus kecil 9 unit, bus besar 19 unit, truk 2 as 2.643 unit, truk 3 as 2.167 unit, truk 4 as 180 unit dan truk trailer 6 gandar 66 unit. Dari pertumbuhan lalu lintas 5% didapat LHR untuk seluruh kendaraan berjumlah 27,261 kendaraan/hari. Berdasarkan perhitungan faktor lalu-lintas kendaraan didapat nilai ESAL total sebesar 31531.6105 dan hasil perhitungan Truck Factor 6,2145 > 1, yaitu menunjukan kerusakan jalan yang ada dikarenakan kendaraan berat yang melintas pada ruas jalan Soekarno Hatta Dumai mengalami beban berlebih (Over load). Faktor beban berlebih yang terjadi pada jalan Soekarno Hatta Dumai menyebabkan kerusakan jalan yaitu salah satunya Cacat permukaan berupa lubang dan retak kulit buaya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bina Marga. 2002. “No. Pt-01-2002 B Tentang Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur.”

Dini, L. S. (2021). “Identifikasi Rawan Kecelakaan Pada Ruas Jalan Soekarno-Hatta Kota Dumai Provinsi Riau.”

Direktorat Jendral Bina Marga. (1997). “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (Mkji). Bina Karya. Jakarta.”

Direktorat Jendral Bina Marga (2003). “Perencanaan Perkerasan Jalan (Pd T-14- 2003). Bsn.”

Idham, Muhammad, And Wiwi Safitri. (2021). “Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Soekarno-Hatta, Kota Dumai.” Jurnal Ilmiah Rekayasa Sipil 18(1):76–87. Doi: 10.30630/Jirs.V18i1.529

Kusuma, Yusmiati. “Konstruksi Perkerasan Jalan (Overlay) Hand Out I. (2007). Bandung Politeknik Negeri Bandung.”

Mulki, Muhammad. (2020). “Analisa Beban Kendaraan Terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur (Aspal) Dijlan Hr. Soebranta Panam Kota Pekanbaru.” Tugas Akhir, Tidak Dipublikasi 1–86.

Safitri, Wiwi. (2022). “Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Di Kota Dumai Dengan Menggunakan Metode Pkji Tahun 2014 Dan Aplikasi Ptv Visum 22.” Jurnal Tekla 4(1):1. Doi: 10.35314/Tekla.V4i1.2615

Sekolah Tinggi Transportasi Darat. N.D. “Formulir Survey Inventarisasi Ruas Jalan-Soekarno-Hatta-Xlsx.

Widarto, And Sulistyorini. (2022). “Analisis Dampak Beban Berlebih (Overload) Kendaraan Terhadap Umur Rencana Perkerasan Jalan Mengunakan Metode Aashto (Studi Kasus: Jalan Yogyakarta-Prambanan).” Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Abdimas 1(1):852–62.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-31