Pengukuran Kinerja Karyawan PT X di Kota Dumai
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v10i1.68Kata Kunci:
Kepuasan, puskemas purnama, servqualAbstrak
PT X sebagai distributor tunggal untuk penjualan M-kios di wilayah Kota Dumai harusmampu memberikan pelayanan yang baik bagi penjual M-Kios. Kepuasan pada tiap diri penjual M-Kios dapat dirasakan bila harapan dan kebutuhan penjual M-Kios dapat terpenuhi, namun bila sebaliknya yang terjadi, maka penjual M-Kios akan merasakan ketidakpuasan sehingga berdampak pada penilaian kinerja pegawai PT X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penjual M-Kios puas terhadap pelayanan PT X kota Dumai dan kinerja pegawai PT X. Metode Servqual digunakan untuk menganalisa hasil penyebaran 100 kuesioner yang di isi oleh penjual M-Kios yang berbelanja di PT X dari 20 pertanyaan yang terkelompok dalam 5 dimensi yaitu: tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty baik untuk kategori harapan maupun kenyataan pelayanan yang dirasakan oleh penjual M-Kios. Hasil uji validalitas dan reliabilitas untuk 20 variabel kenyataan dan harapan kuesioner servqual dinyatakan valid dan reliabel sedangkan dari hasil perhitungan nilai servqual untuk setiap dimensi antara kenyataan dan harapan yang di peroleh penjual M_Kios terhadap kinerja pegawai PT X untuk dimensi tangibles adalah -0,35, dimensi reliability adalah -0,14, dimensi responsiveness adalah -0,21, dimensi assurance adalah -0,11 sedangkan dimensi emphaty adalah -0,04. Berdasarkan nilai servqual disimpulkan bahwa kinerja pegawai PT X tidak memuaskan karena nilai servqual yang diperoleh < 0 untuk setiap dimensi servqual dan harus diperbaiki.