Analisis Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah di Kota Kendari
DOI:
https://doi.org/10.52072/unitek.v17i2.931Keywords:
Bagkitan Perjalanan, Transfortasi, KendariAbstract
Pembangunan yang dilakukan di Kota Kendari membawa pengaruh pada perkembangan manusia termasuk peningkatan penduduk dan peningkatan jumlah kendaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perjalanan penduduk di Kota Kendari. Penelitian diadakan di Kota Kendari dan telah diadakan pada Bulan Mei 2024. Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kota Kendari sedangkan sampel penelitian berjumlah 400 masyarakat Kota Kendari. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan bahwa variabel jumlah anggota keluarga, jumlah anggota keluarga yang bekerja, jumlah anggota keluarga yang bersekolah, pendapatan keluarga, kepemilikan mobil dan kepemilikan motor berpengaruh signifikan terhadap bangkitan perjalanan di Kota Kendari yang direfleksikan dengan nilai Sig. 0.000 < 0.05. Adapun variabel jarak tempuh dan waktu tempuh tidak berpengaruh signifikan terhadap bangkitan perjalanan di Kota Kendari, yang direfleksikan dengan nilai Sig. 0.075 > 0.05.
Downloads
References
Asana, A. R., Sari, M., Siolimbona, I., & Satyadharma, M. (2024). Kebutuhan Internet of Things dalam meningkatkan pelayanan di Terminal Tipe B Baruga Kendari. Jurnal Teknik Sipil ITP, 11(1), 65–69. https://doi.org/10.21063/JTS.2024.V1101.065-69
Bahri, S., Nanda, B. F., Nanda, B. F., Razali, M. R., & Razali, M. R. (2021). Faktor Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Model Bangkitan Perjalanan Bekerja Pada Kawasan Perumahan Di Kecamatan Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. Inersia: Jurnal Teknik Sipil, 13(1), 41–47. https://doi.org/10.33369/ijts.13.1.41-47
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.
Hasina, H., & Satyadharma, M. (2023). Strategi Pengembangan Fungsi Terminal Penumpang Tipe B Di Provinsi Sulawesi Tenggara. Journal Publicuho, 6(1), 246–256. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.112
Lisya, M., & Abdillah, N. (2021). Analisa Pengaruh Kecepatan Kendaraan Terhadap Derajat Kejenuhan di Jalan Perkotaan pada Kawasan Pendidikan (Studi Kasus: Jalan Depan Universitas Pendidikan Indonesia). Jurnal Unitek, 14(2), 40–47. https://doi.org/10.52072/unitek.v14i2.238
Mahdar, Satyadharma, M., & Ahmad, S. (2023). Analisis Framing Penegakan Hukum Angkutan Pada Media Online Detiksultra . com. Jurnal Kinesik, 10(2), 212–221.
Mahmud, M. (2022). Analisis Kelayakan dan Strategi Pengembangan Pelabuhan Watunohu Sebagai Pelabuhan Pengumpul di Kabupaten Kolaka Utara. Jurnal Unitek, 15(2), 229-237.
Marannu, B. (2019). Analisis Bangkitan Perjalanan Berbasis Rumah (Studi Kasus Perumahan BTP Kota Makassar). Universitas Bosowa.
Miro, F. (2015). Manajemen Transportasi. Ghalia Indonesia.
Pradana, M. F., Budiman, A., & Sunarya, B. (2019). Pemodelan Bangkitan Pergerakan Transportasi Kota Cilegon. Jurnal Fondasi, 8(2), 142–150.
Pratama, W. A., Arnandha, Y., & Puspitasari, E. (2022). Analisis Jarak Pengereman Laju Kereta Api untuk Mencapai Kecepatan Minimum pada Saat Emergency on Track. Jurnal Unitek, 15(2), 238-250
Tandioga, D. C. Y., Rachman, R., & Radjawane, L. E. (2021). Analisis Bangkitan Perjalanan Penduduk Pada Kompleks Perumahan Taman Sudiang Indah Paulus Civil Engineering Journal ( PCEJ ). Civil Engineering Journal (PCEJ), 3(4), 602–613