Analisa Kerusakan Jalan Beton (Studi Kasus Jalan Arifin Ahmad Kota Dumai)

Authors

  • Sony Adiya Putra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Nuryasin Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Keywords:

Jalan Beton, PCI, Kerusakan Jalan

Abstract

Kebutuhan akan infrastruktur yang sangat penting dalam rangka mendukung proses implementasi pembangunan perkotaan adalah sarana transportasi. Jalan Arifin Ahmad merupakan jalan nasional yang menghubungkan kota-kota yang melewati Jalan Arifin Ahmad, salah satu Kota Dumai-nya dengan Kabupaten Bengkalis. selain itu wilayah sekitarnya sebagai pusat industri dan pariwisata. Metode yang digunakan dalam perhitungan kerusakan adalah metode kaku Pavement Condition Index (PCI) adalah salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan berdasarkan jenis, luas kerusakan yang terjadi dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pemeliharaan. Penelitian ini dilakukan di Jalan Arifin Ahmad di kota Dumai. Dari perhitungan hubungan antara jenis kendaraan tinggi dengan nilai kerusakan jalan. Kemudian hasil survey didapatkan kerusakannya adalah kerusakan plat dibagi, kerusakan tepi retak, kerusakan memanjang dan melintang, kerusakan tekuk, kerusakan patah dan ketahanan retak kerusakan. Untuk mengurangi kerusakan jalan di sekitar Jalan Arifin Ahmad dilakukan perawatan rutin secara berkala dari instansi terkait.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2009, Manual Pekerjaan Campuran Jalan, Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1995, Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan, Jakarta.

Hary Christady, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Shahin, 1976-1984, PCI (Pavement Condition Index), Sistem Penilaian Kerusakan Jalan, Amerika Serikat.

Sukirman Silvia, 1999, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung.

Suwardo dan Sugiharto, 2004, Kerusakan Jalan Secara Berkala, Jakarta.

Published

2020-06-29

How to Cite

Sony Adiya Putra, & Nuryasin Abdillah. (2020). Analisa Kerusakan Jalan Beton (Studi Kasus Jalan Arifin Ahmad Kota Dumai). JURNAL UNITEK, 13(1), 74-83. Retrieved from https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/unitek/article/view/169