Analisa Kerusakan Jalan Beton (Studi Kasus Jalan Arifin Ahmad Kota Dumai)
Kata Kunci:
Jalan Beton, PCI, Kerusakan JalanAbstrak
Kebutuhan akan infrastruktur yang sangat penting dalam rangka mendukung proses implementasi pembangunan perkotaan adalah sarana transportasi. Jalan Arifin Ahmad merupakan jalan nasional yang menghubungkan kota-kota yang melewati Jalan Arifin Ahmad, salah satu Kota Dumai-nya dengan Kabupaten Bengkalis. selain itu wilayah sekitarnya sebagai pusat industri dan pariwisata. Metode yang digunakan dalam perhitungan kerusakan adalah metode kaku Pavement Condition Index (PCI) adalah salah satu sistem penilaian kondisi perkerasan berdasarkan jenis, luas kerusakan yang terjadi dan dapat dijadikan referensi dalam upaya pemeliharaan. Penelitian ini dilakukan di Jalan Arifin Ahmad di kota Dumai. Dari perhitungan hubungan antara jenis kendaraan tinggi dengan nilai kerusakan jalan. Kemudian hasil survey didapatkan kerusakannya adalah kerusakan plat dibagi, kerusakan tepi retak, kerusakan memanjang dan melintang, kerusakan tekuk, kerusakan patah dan ketahanan retak kerusakan. Untuk mengurangi kerusakan jalan di sekitar Jalan Arifin Ahmad dilakukan perawatan rutin secara berkala dari instansi terkait.
Unduhan
Referensi
Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2009, Manual Pekerjaan Campuran Jalan, Direktorat Jenderal Prasarana Wilayah, Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1995, Spesifikasi Umum Jalan dan Jembatan, Jakarta.
Hary Christady, 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
Shahin, 1976-1984, PCI (Pavement Condition Index), Sistem Penilaian Kerusakan Jalan, Amerika Serikat.
Sukirman Silvia, 1999, Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Bandung.
Suwardo dan Sugiharto, 2004, Kerusakan Jalan Secara Berkala, Jakarta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Sony Adiya Putra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.