Analisis Penilaian Kinerja Dosen Mengajar Menggunakan Logika Fuzzy

Authors

  • Mirawan Mirawan
  • Mustazzihim Suhaidi Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Elisawati Elisawati Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/unitek.v13i1.151

Keywords:

Fuzzy database tahani, Himpunan Fuzzy, Dosen, Kurva

Abstract

Kualitas sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh kemampuan dari tenaga pengajar mereka dalam memberikan materi pembelajaran. Semakin baik kualitas kinerja dari tenaga pengajar biasanya akan berbanding lurus dengan kualitas lulusan dari lembaga pendidikan tersebut. Pada penelitian ini, dibangun sebuah sistem fuzzy database yang bertujuan untuk melakukan manipulasi data- data keberhasilan dosen yang mengajar yang bersifat ambigu. Model fuzzy database tahani digunakan untuk keperluan tersebut. Variabel yang digunakan adalah angket mahasiswa dengan jumlah angket lima belas . Bentuk pilihan di Implementasikan menggunakan himpunan fuzzy dengan kurva naik, kurva turun dan kurva segitiga. Himpunan Fuzzy Nilai angket diberikan secara pilihan yaitu tidak pernah, kurang, cukup, baik dan baik sekali. Dengan adanya sistem fuzzy database ini, dapat mengetahui penilaian dosen dengan target ouputnya supaya meningkatnya kualitas dosen mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anhar, 2010, Mastering Programming with PHP & MySQL :Andi ,Semarang

Febriansyah,2009.”Analisis Dan PerancanganKeamanan Data Menggunakan AlgoritmaKriptografiDes (Data Encyption Standard)”, tugas akhir. Fakultas IlmuKomputer Universitas BinaDarma Palembang.

Jogiyanto. 2005,”Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, Yogyakarta. Andi Offset.

Kusumadewi, sri dan Hari Purnomo. 2010. “Aplikasi Logika Fuzzy untuk mendukung Keputusan”. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Raharjo Dkk. 2012. “Modul Pemrograman WEB (HTML, PHP, & MySQL)”. Bandung.

Modula.

Sari, Febrina., 2015. “ Logika Fuzzy dalam Optimasi Produksi Menggunakan Metode Sugeno (Studi Kasus Daily Bread Dumai)”. JUTEKINF, Jurnal Teknologi Komputer dan Informasi, Vol.2 No.1. Hal.11-16. ISSN: 2355-1887.

Published

2020-06-29

How to Cite

Mirawan, M., Suhaidi, M., & Elisawati, E. (2020). Analisis Penilaian Kinerja Dosen Mengajar Menggunakan Logika Fuzzy. JURNAL UNITEK, 13(1), 15-24. https://doi.org/10.52072/unitek.v13i1.151

Most read articles by the same author(s)