Tinjauan Perencanaan Drainase Jalan Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai

Authors

  • Fahmi Hidayat Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Sony Adiya Putra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Susy Srihandayani Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1.580

Keywords:

drainase, waktu konsentrasi, intensitas curah hujan, debit air

Abstract

Pada umumnya pola kehidupan dan tingkat pengetahuan masyarakat yang relative belum menunjang, yang mana sebagian masyarakat masih tetap membuang sampah disungai atau selokan yang menyebakan terjadinya penyempitan dan pengdangkalan pada saluran yang mengakibatkan air didalam saluran tidak berjalan dengan lancar. Kapasitas drainase yang kecil dan sedimentasi dalam drainase menyebabkan genangan banjir. Permasalahan lain juga disebabkan oleh air buangan limbah rumah tangga. Latar belakang terjadinya genangan air jika ditinjau dari keadaan tofografi kota dumai yang sebagian besar sangat datar serta sistem drainase yang belum memadai. Melihat Kondisi drainase di Jl. Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai, maka air akan melewati drainase tidak dapat dialirkan dengan baik jika drainase tidak memadai dan dipenuhi sampah dan tanaman merambat lainnya. Dengan demikian muncul beberapa pertanyaan, apakah dimensi eksisting yang ada dilokasi penelitian mampu menampung debit aliran dan apakah penyebab terjadinya banjir dilokasi penelitian. Penelitian ini menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, dan memberikan penyelesaiannya menggunakan metode Gumber dan mononobe untuk hasil perhitungannya. Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, kapasitas saluran drainase di Jl. Kusuma Kelurahan Jaya Mukti Kota Dumai, di peroleh exsisting di lokasi penelitian masih mampu menampung debit air yang masuk ke dalam saluran tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chow, V.T. (1985). Hidrolika Saluran Terbuka. Terjemahan Suyatman, Kristanto Sugiharto, Nensi Rosalina

Fachri, M. R. (2020). Evaluasi Saluran Drainase Pada Jalan Batam, Kepulauan Riau (Evaluation of Drainage Channel on Raja Isa Street , Batam Kota District , City of Batam , Kepulauan Riau) Raja Isa, Kecamatan Batam Kota , Kota Batam , Kepulauan Riau Evaluation of Drainage.

Rahman, Fathur, (2015), Tugas Akhir, Tinjauan umum sistem drainase kelurahan purnama (studi kasus jalan dermaga dumai), 2023

Siak, K. (2021). Perencanaan Ulang Sistem Drainase Di Jalan Maharaja Seriwangsa, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak Tugas Akhir.

SNI 03-342, 1994, Tata Cara Perencanaan Umum Drainase Perkotaan, Depertemen Pekerjaan Umum, Jakarta

Studi, P., Pengairan, S., Teknik, F., & Makassar, U. M. (2022). Skripsi analisis perencanaan sistem drainase di kelurahan tompo balang kecamatan somba opu kabupaten gowa.

Statistik, B. P. (2021). Dumai Dalam Angka 2021. 345(235508601)

Subarkah. (1980). Hidrologi Untuk Perencanaan Bangunan Air. Ide Dharma, Bandung

Suripin. (2019). Mekanika Fluida Dan Hidraulika Saluran Terbuka Untuk Teknik Sipil (Elizabeth Kurnia (ed.); 1st ed.). Penerbit Andi.

Suripin. (2004). Sistem drainase perkotaan yang berkelanjutan. Edisi pertama, andi, Yogyakarta

Tanjung, A, Afriandi, (2019). Tinjauan Perencanaan Drainase Pada Jalan Karya Wisata. 2023

Wesli. (2008). Drainase Perkotaan (1st ed.). Graha Ilmu.

Downloads

Published

2023-07-18