Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Proyek Storage Tank 1000 MT dan Building WWTP dengan Metode CCPM (Critical Chain Project Management)

Authors

  • Muhammad Khaidir STT DUMAI
  • Aidil Abrar Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Juni Saputra Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Nuryasin Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1.578

Keywords:

CCPM, microsoft project 2010, storage tank, WWTP

Abstract

Perencanaan dan penjadwalan merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah manajemen kontruksi. Dimana dalam menyusun perencanaan dan jadwal terdapat macam metode. Salah satunya ialah CCPM (Critical Chain Project Management). Dimana pada metode ini melakukan pendekatan yang berbeda pada permodelan dan analisa manajemen proyek konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghitung perubahan waktu pelaksanaan proyek dengan menghilangkan waktu pengaman pada setiap pekerjaan dan menggantikannya dengan menyisipkan nilai buffer. Dari hasil perhitungan pengerjaan proyek pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP sebelumnya dikerjakan selama 231 hari sedangkan perhitungan menggunakan CCPM dihasilkan penyelesaian proyek pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP dalam waktu 144 hari maka dapat disimpulkan perbedaan waktu pengerjaan pembangunan storage tank 1000 MT dan WWTP adalah selama 87 hari atau 37 % lebih cepat dibandingkan dengan durasi perencanaan proyek. Kemudian menerapkan tidak diperbolehkannya student’s syndrome (melakukan pekerjaan diakhir waktu), tidak diperbolehkan parkinson’s law (pengerjaan dengan menghabiskan jadwal kerja), dan tidak diperbolehkan adanya multitasking pada pekerja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aidil abrar , “Analisis Pengendalian Waktu Pekerjaan Finishing Pembangunan Masjid Muslimin Dumai metode Fast Track menggunakan applikasi Microsoft Project (2022)

Reza Hari Musli, , “Analisis Pengendalian Biaya dan Waktu Pelaksanaan Proyek Jalan Dengan Metode Fast Track Menggunakan Microsoft Project 2016, Tugas Akhir Program Studi Teknik Sipil, dibawah bimbingan, Ir. Nuryasin Abdillah, Msi., dan Aidil Abrar, S.T, M.T. (14 februari 2022)

.A Guide to The Project Management Body of Knowledge (PMBOK Guide) Third Edition, 2004. Project Management Institute, Four Campus Boulevard, Newtown Square, PA 19073-3299 USA.

Arianto, Arif.“Ekplorasi Metode Barchart,CPM,PDM,PERT Line of Balance dan Time Chainage Diagram Dalam Penjadwalan Proyek Kontruksi”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil Univ. Diponegoro, Semarang, 27 Desember 2010. http://eprints.undip.ac.id, diakses 22 November 2016.

Ariany Frederika.“Analisa Percepatan Pelaksanaan Dengan Menambah Jam Kerja Optimum Pada Proyek Kontruksi (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Super Villa, Peti Tenget-Bandung”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Univ. Udayana, Denpasar, 2 Juli 2010. https://ojs.unud.ac.id, diakses 22 November 2016.

Baskara. “Perencanaan dan Pengendalian Proyek Periklanan menggunakan Lean Critical Chain Project Management dan S - Curve Monitoring”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil. ITS, Surabaya, 2009. http:// digilib.its.ac.id, diakses 22 November 2016.

Dannyanti, Eka. “Optimalisasi Perencanaan Proyek Dengan Menggunakan Metode PERT dan CCPM”. Tugas Akhir. Fakultas Ekonomi, Univ.Diponegoro, Semarang, 2010. http://eprints.undip.ac.id, diakses 22 November 2016.

Messah, Yunita, Alfiana. “Pengendalian Waktu dan Biaya Pekerjaan Kontruksi Sebagai Dampak Perubahan Desain”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil. Univ. Nusa Cendana. Kupang, 2008. http://puslit2.petra.ac.id, diakses 22 November 2016.

Nasution, Rohana.“Penerapan Metode CCPM Untuk Perencanaan Proyek Very Low Pressure Phase-II Kei Ltd”. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri, Univ. Pancasila. Jakarta, 5 Februari 2014. http://www.library.gunadarma.ac.id, diakses 22 November 2016.

Downloads

Published

2023-07-18