Pengaruh Variasi Tabung Udara Terhadap Debit Pemompaan Pompa Hidram

Authors

  • M. Idris Gunawan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Boy Harly Ramadhansyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Nuryasin Abdillah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v2i1.558

Keywords:

Pompa, Hydram, Tabung udara, Efisiensi

Abstract

Dalam semua aspek kehidupan, air merupakan komponen yang mutlak harus tersedia baik sebagai komponen utama maupun sebagai komponen pendukung. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen lapangan, yaitu metode yang dilakukan dengan pengujian di lapangan untuk mendapatkan data perencangan alat pompa hidram sebuah penelitian dan informasi tertentu. Pengambilan data debit output dilakukan dengan tiga kali percobaan pada setiap perlakuan yang kemudian diambil nilai rata-rata dari percobaan tersebut dengan nilai 0,00196 m3/mnt dan debit limbah 0,00163 m3/mnt. Pengambilan data debit input dilakukan dengan hasil kapasitas debit output dan debit limbah yang kemudian didapatkan debit didalam pipa PVC input tersebut dengan nilai 0,00359 m3/mnt. Berdasarkan hasil perhitungan kekuatan daya pompa hidram dengan nilai 0,00986 kg/m. Dari perhitungan yang dilakukan menggunankan metode rankine didapatkan hasil yaitu 0,29 % dan dari perhitungan yang dilakukan menggunankan metode D’ Aubuisson didapat kan hasil yaitu 0,471 %. Dari pengujian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variasi volume tabung sangat berpengaruh terhadap kinerja pompa hidram.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Putrawan, Sirajuddin Haji Abdullah dan Asih Priyati, 2020, Analisis Pengaruh kemiringan Pipa Outlet Terhadap Efisiensi Pompa Hidram.

Ahmad Nur Arianta, 2010, Pengaruh Variasi Ukuran Tabung Udara Terhadap Unjuk Kerja Sebuah Pompa Hidram

Arman, Putera M, I., & Irmayani. (2020). Potensi Pompa Hydram (Hidraulic Ram Pump) Berteknologi Hydro Power Tanpa Listrik Dan Ramah Lingkungan Di Desa Nepo Kabupten Baru..

Asep Supriyanto dan Dwi Irawan, 2017, Pengaruh Variasi Jarak Sumbu Katup Limbah Dengan Sumbu Tabung Udara Terhadap Efisiensi Pompa Hidram..

Budi Hartono. (2015). Pengaruh Variasi Tabung Udara Terhadap Debit Pemompaan Pompa Hidram.

Fauzi H, A., & Dkk. (2022). Penerapan Pompa Hidram Untuk Membantu Irigasi Lahan Pertanian Tepi Sungai Di Desa Pakistaji Kabupaten Banyuwangi. Politeknik Negeri Banyuwangi.

Herlambang,Arie, dan Heru Dwi Wahjono, 2006, Rancang Bangun Pompa Hidram Untuk Masyarakat Pedesaan.

Jannata Jannata, Sirajuddin Haji Abdullah, dan Asih Priyati, 2015, Analisa Kinerja Pengelolaan Irigasi Di Daerah Irigasi Lemor, KaBaratbupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara.

Subroto dan Shodiqin, 2015, Pengaruh Volume Tabung Tekan Terhadap Unjuk Kerja Pompa Hidram.

Surya Dharma, 2013, Rancang Bangun Pompa Hidraulik Ram Untuk Irigasi Pertanian.

Tia Setiawan, 2018, Uji Coba Dan Perhitungan Variasi Tabung Udara Untuk Pompa Hidram.

Yeni Herawati, Kuswartomo, dan Gurawan Djati Wibowo, 2009, Panjang Pipa Inlet Terhadap Efisiensi Pompa Hidram.

Yoseph Irawan, 2020, Rancang Bangun Analisa Pengaruh Jatuhnya Air Terhadap Efisiensi Head Pompa Hidram.

Zulhenri, Yuliarman, Menhendry, Nota Effiandi, Putri Adeliza, 2019, Pengaruh Tinggi Air Masuk Dan Diameter Pipa Outlet Terhadap Tinggi Air Keluar Pompa Hidram.

Downloads

Published

2023-07-18