Perhitungan Struktur Bawah Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

Authors

  • Ricky kurniawan Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Aidil Abrar Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v1i2.404

Keywords:

Tiang Pancang, Daya dukung, Cone Penetration Test, Efesiensi Tiang

Abstract

Pondasi adalah struktur bagian bawah bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah, yang mempunyai fungsi memikul beban bagian bangunan lain diatasnya. Ada dua jenis yaitu pondasi dangkal dan pondasi dalam. Pondasi dalam terbagi menjadi dua, yaitu pondasi bor dan pondasi tiang.

Dalam Perencanaan Pondasi tiang digunakan pendekatan untuk memprediksi daya dukung dari pondasi. Pendekatan tersebut dapat didasarkan pada kondisi tanah serta pembebanan yang ada dengan menggunaka berbagai metode. Penelitian yang dilakukan yaitu perhitungan struktur bawah gedung baru sekolah tinggi teknologi dumai. Data tanah yang digunakan untuk menghitung daya dukung tiang yaitu berdasarkan data Sondir (Cone Penetration Test). Metode yang digunakan yaitu metode Bagemann. Terdapat dua jenis tiang pancang spun pile  yang dinalisis dalam penelitian ini dengan variasi diameter 30 cm dan 40 cm.

Hasil dari analisis Stuktur Bawah Gedung Baru Sekolah Tinggi Teknologi Dumai menggunakan metode Bagemann diketahui bahwa tiang pancang spun pile diameter 30 cm dengan kedalaman 8 m memiliki daya dukung gaya aksial sebesar 701,44 kN dan daya dukung gaya lateral sebesar 160,67 kN. Dan tiang pancang spun pile diameter 40 cm dengan kedalaman 8 m memiliki daya dukung gaya lateral sebesar 988,35 kN dan daya dukung gaya lateral sebesar 270 kN.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-01-07