Evaluasi Kinerja Simpang Bersinyal di Perempatan Bundaran Dumai Timur Kota Dumai Berdasarkan MKJI 1997

Authors

  • Elsa Arsita Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Aidil Abrar Sekolah Tinggi Teknologi Dumai
  • Halimatusadiyah Halimatusadiyah Sekolah Tinggi Teknologi Dumai

DOI:

https://doi.org/10.52072/slumptes.v3i2.1084

Keywords:

Kinerja, MKJI 1997, Simpang Bersinyal, Tingkat Pelayanan, Waktu Sinyal

Abstract

Simpang bersinyal merupakan persimpangan yang dilengkapi dengan lampu lalulintas sebagai pengatur konflik persimpangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses hasil perhitungan kinerja dan tingkat pelayanan, serta mengevaluasi dan mencari solusi alternatif dari permasalahan yang terjadi pada simpang bersinyal perempatan bundaran dumai timur, kota dumai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data lapangan. Penelitian ini mengacu pada manual kapasitas jalan indonesia mkji 1997. Tahapan pengumpulan data seperti volume lalulintas, durasi waktu sinyal, pengukuran lebar jalan keluar dan masuk kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja dan tingkat pelayanan di setiap pendekatan pada jam puncak menunjukkan bahwa tingkat derajat kejenuhan (DS) berada di bawah ambang batas mkji 1997 yaitu < 0,85 (aman), dimana untuk tingkat pelayanan los didapatkan (c) dan (d) menunjukkan bahwa kecepatan masih dapat dikendalikan. Namun terdapat masalah seperti panjang antrian, dan tundaan rata-rata. Solusi alternatif dari permasalahan yang terjadi diperlukan perencanaan pembangunan infrastruktur jalan layang (flyover) jalan bebas hambatan dari jl. Soekarno hatta simpang perempatan bundaran dumai timur menuju ke arah jl. Soebrantas dan jl. Putri tujuh. Perencanaan di lakukan dikarenakan tingginya arus lalulintas dari arah jl. Soekarno hatta dumai timur kota dumai. Jalan layang (flyover) berguna untuk mengatasi permasalahan arus lalulintas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, M., Nababan, D. S., & Datu, F. S. (2022). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada Jalan Ahmad Yani - Re Martadinata. Mustek Anim Ha, 11(1), 23–31.

Amal, A. S., Saleh, C., & Darmawan, A. A. (2022). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(2), 1304–1308.

Bary, M. F., & Moetriono, H. (2023). Analisis kinerja simpang empat bersinyal dengan metode MKJI 1997: Studi kasus persimpangan Jalan Genteng Kali–Jalan Praban–Jalan. Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, 3(1), 582–590.

Evitmalasari, M., Sasmito, A., & Rokhim, A. (2020). Evaluasi rekayasa lalu lintas simpang empat bundaran bersinyal Tugu Wisnu Surakarta. Jurnal Keselamatan Transportasi Jalan (Indonesian Journal of Road Safety), 7(2), 105–117.

Fatmawati, F., & Isram, M. A. (2021). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal dengan metode MKJI dan Sidra Intersection. Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, 5(1), 24–39.

Markus, H., Handayani, A. T., & Astutik, H. P. (2023). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal (studi kasus Simpang Magelang dan Selokan Mataram Yogyakarta). Teknologi Industri dan Informasi, November, 796–801.

Musyaffa, M. D. (2023). Kajian kinerja simpang empat bersinyal (Jl. Adhiyaksa, Jl. Cemara Raya, Jl. Cemara Ujung, Jl. Sultan Adam). Keilmuan Teknik Sipil, 6(2), 272–282.

Pratama, A. S., Hermawanto, T., & Asusti, R. I. (2022). Evaluasi kinerja simpang empat bersinyal pada persimpangan Jalan Tanjung – Jalan Aryo Blitar – Jalan Bengawan Solo. Journal of Science Nusantara, 2(4), 156–167.

Sirajaya, R. D., Cahyono, M. S. D., & Rahayu, Y. E. (2022). Evaluasi kinerja simpang bersinyal Jl. Dr. Ir. H. Soekarno - Jl. Mulyorejo Surabaya. Jurnal Teknik Sipil, 3(1), 352–359.

Suryaningsih, O. F., Hermansyah, H., & Kurniati, E. (2020). Analisis kinerja simpang bersinyal (studi kasus Jalan Hasanuddin-Jalan Kamboja, Sumbawa Besar). Inersia: Informasi dan Ekspose Hasil Riset Teknik Sipil dan Arsitektur, 16(1), 74–84.

Mirdas, R. (2022). Evaluasi kinerja simpang bersinyal Jalan Sriwijaya dan Jalan Bung Karno (Studi kasus simpang empat Sriwijaya Mataram) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Mataram].

Prananda, M. H. (2023). Analisis kinerja simpang bersinyal dan tidak bersinyal Simpang Cebongan berdasarkan MKJI 1997 dan PKJI 2023 [Skripsi, Universitas Islam Indonesia].

Rizki, H. K. B. (2022). Evaluasi kinerja simpang bersinyal (studi kasus: Simpang Bung Hatta - Panca Usaha) [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Mataram].

Vanidi, M. (2021). Analisis kinerja simpang empat bersinyal Glugur Darat Medan Timur sampai tahun 2031 [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara].

Wahyuni, H. F. (2023). Evaluasi kinerja simpang 4 bersinyal menggunakan MKJI 1997 dan PTV Vissim (studi kasus: Simpang Bumi Ayu, Kota Dumai) [Skripsi, Politeknik Negeri Bengkalis].

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI 1997). Departemen Pekerjaan Umum.

Cahyadi, M. R. H. (2023). Analisis kinerja simpang bersinyal dengan menggunakan metode MKJI 1997, PKJI 2014, dan program SIDRA (studi kasus: Simpang empat perbatasan Makassar – Gowa). Dalam Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin 2023 (Vol. 4, Issue 1).

Downloads

Published

2025-01-31