Author Guide Lines

AUTHOR GUIDELINES

Penulis harus mengirimkan naskah secara online dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penulis ke  https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine

PETUNJUK UMUM :

  • Naskah harus ASLI dan belum perna dipublikasikan di jurnal lain
  • Artikel di tulis dengan menggunakan kertas A4 menggunakan Microsoft Word dengan margin halaman atas 2,5 cm, bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, kiri 2,5 cm dengan jarak spasi 1, font Century Schoolbook 11, format text 1 kolom
  • Scripts can be written either in Indonesian or in EnglishThe manuscript is written with Century Schoolbook of font 11 with single spacing and one column format.
  • Silahkan kirim file naskah anda menggunakan dokumen Microsoft Word (DOC/DOCX)
  • Abstrak harus ditulis menggunakan bahasa inggris dan bahasa indonesia maksimum 200 kata
  • Panjang naskah yang ditulis tidak boleh melebihi 4000 kata atau 10 - 15 halaman yang terdiri dari gambar dan tabel

BADAN NASKAH:
Secara umum struktur artikel ilmiah  terdiri dari 10 bagian utama yang terdiri dari : (1) Judul (2) identitas Penulis ; (3) Abstrak; (4) Kata Kunci; (5) Pendahuluan; (6) Metode ; (7) Hasil dan Pembahasan; (8) Kesimpulan; (9) Ucapan Terima Kasih dan (10) Referensi.

a. Judul 

  • Judul harus ringkas dan informatif, tidak lebih dari 12 kata, termasuk penghubung, dan huruf kapital di awal setiap kata kecuali penghubung.
  • Agar judul singkat dan ringkas dalam 12 kata, hindari menghubungkan kata dan menyebutkan objek, tempat, atau bahan penelitian dengan terlalu detail.
  • Judul memuat kata kunci dari topik yang diteliti.
  • Judul ditulis menggunakan font Century Schoolbook 14 dan tidak tebal, dengan spasi satu baris.
  • Judul dalam bahasa Indonesia
  • Hindari penggunaan singkatan, rumus, dan referensi.

b. Penulis

  • Penulis terdiri dari dua bagian, yaitu nama penulis dan afiliasi institusi penulis. Afiliasi mahasiswa mengikuti tempat dimana mahasiswa tersebut belajar.
  • Nama penulis adalah orang yang benar-benar ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan, analisis hasil, pembahasan, dan penulisan laporan serta jabatan akademik/fungsional atau sarjana tidak dicantumkan, menggunakan font Century Schoolbook 10, baris 1 spasi.
  • Nama institusi dicantumkan lengkap, ditulis di bawah nama penulis beserta alamat email, dan faksimili (bila ada) untuk keperluan korespondensi, jenis huruf Century Schoolbook 10, baris 1 spasi.
  • Apabila penulis lebih dari satu orang dan berasal dari institusi yang berbeda, maka semua alamat dicantumkan dengan memberi tanda superskrip huruf kecil di belakang nama penulis secara berurutan.

c. Abstrak

  • Abstrak ditulis secara ringkas dan faktual, meliputi tujuan pengabdian, metode pengabdian, hasil, dan kesimpulan.
  • Abstrak ditulis dalam satu paragraf; ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia); dengan panjang abstrak berkisar antara 150 hingga 200 kata.
  • Hindari rujukan yang tidak biasa dan penggunaan singkatan.
  • Jenis Huruf Century Schoolbook, Bold, 10

d. Kata Kunci

  • Kata kunci terdiri dari 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata.
  • Ditulis berdasarkan urgensi kata.
  • Antar kata kunci dipisahkan dengan tanda koma (,).
  • Hindari banyak kata penghubung (dan, dengan, itu, dan lain-lain).
  • Jenis Huruf Century Schoolbook 10

e. Pendahuluan

  • Secara garis besar bagian pendahuluan memuat latar belakang, perumusan masalah, tujuan kegiatan, dan kajian literatur.
  • Penulis dituntut menyajikan kajian literatur yang primer (referensi artikel jurnal dan prosiding konferensi) dan mutakhir (referensi yang dipublikasikan dalam selang waktu 10 tahun terakhir).
  • Naskah ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1
  • Pembuatan sitasi menggunakan aplikasi mendeley atau sejenisnya dengan tipe stye Harvard Reference format 1.

f. Metode

  • Pada bagian metode penerapan, uraikanlah dengan jelas dan padat metode yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah dicanangkan dalam kegiatan pengabdian
  • Hasil pengabdian itu harus dapat diukur dan penulis diminta menjelaskan alat ukur yang dipakai, baik secara deskriptif maupun kualitatif
  • Sebaiknya gunakan diagram dalam penulisan metode pengabdian
  • Jelaskan cara mengukur tingkat ketercapaian keberhasilan kegiatan pengabdian
  • Metode ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1

g.  Hasil dan Pembahasan

  • Uraikan bagaimana kegiatan dilakukan untuk mencapai tujuan.
  • Jelaskan indikator tercapainya tujuan dan tolak ukur yang digunakan untuk menyatakan keberhasilan dari kegiatan pengabdian yang telah dilakukan
  • Hasil pengabdian itu harus dapat diukur dan penulis diminta menjelaskan alat ukur yang dipakai, baik secara deskriptif maupun kualitatif
  • Dokumentasi dapat berupa gambar penerapan atau pelaksanaan kegiatan
  • Ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1

H. Kesimpulan

  • Kesimpulan harus mengindikasi secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya
  • Kesimpulan dapat berupa paragraf, namun sebaiknya berbentuk point-point dengan menggunakan numbering atau bullet.
  • Ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1

I. Ucapan Terima Kasih

  • Penulis mengucapkan terima kasih kepada xxx yang telah memberi dukungan financial terhadap pengabdian ini.
  • Ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1

Referensi

  • Jumlah referensi minimal 15  dan wajib mensitasi Minimal dua  artikel ABDINE
  • Gunakan Aplikasi Mendeley dalam penulisan Referensi dengan type syle : Harvard Reference format 1.
  • Gunakan referensi 10 tahun terakhir
  • Ditulis menggunakan Century Schoolbook 11 spasi 1