Peningkatan Omzet Para-Para Anggur di Desa Mas-Mas melalui Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial dan Website

Authors

  • Fitria Ika Agustina Universitas Teknologi Mataram
  • Lalu Wira Jayadi Universitas Teknologi Mataram
  • Baiq Ishariaty Wika Utary Universitas Teknologi Mataram
  • Mariana Mariana Universitas Islam Al-Azhar Mataram

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.907

Keywords:

Anggur, BUMDes Desa Mas-Mas, E-Commerce dan Media Sosial, Pemasaran Digital, Omzet Penjualan

Abstract

Desa   Mas-Mas   merupakan salah satu desa wisata yang dikelilingi oleh area pertanian dan pertenakan yang mana sebagian masyarakat berprofesi sebagai petani dan peternak. Mayoritas penduduknya mengandalkan sektor pertanian dan peternakan sebagai mata pencaharian pokok.  Para-para anggur adalah istilah yang mengacu pada struktur fisik buah anggur yang dikumpulkan dalam kelompok kecil, biasanya tergantung pada satu batang atau rantai. Masing-masing kelompok ini terdiri dari beberapa lusin buah anggur yang disatukan oleh batang utama. Digital marketing memudahkan pebisnis memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan calon konsumen, disisi lain calon konsumen juga bisa mencari dan mendapatkan informasi produk hanya dengan cara menjelajah dunia maya sehingga mempermudah proses pencariannya. Penggunaan Facebook sebagai media sosial saat ini terus meningkat untuk berbagai keperluan seperti sarana mencari teman, sarana komunikasi, sarana mencari maupun berbagi informasi, dan sebagai sarana promosi untuk keperluan usaha maupun bisnis. Permasalahan BUMDes Desa Mas-Mas adalah pemasaran produk yang dihasilkan belum optimal. Solusi yang diusulkan adalah memberikan pelatihan digital marketing memalui e-commerce dan penggunaan sosial media. Setelah mendapatkan pengetahuan baru, peserta pelatihan sangat termotivasi untuk melakukan penjualan menggunakan media social facebook dan e-commerce melalui platform shopee. Dengan menggunakan penjualan online, biaya pemasaran lebih hemat serta jangkauan pemasaran lebih luas sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772

Agustina, F. I., Juhartini, J., & Wika Utari, B. I. (2023). Digital Marketing Produk Stick Jagung Melalui Website Pada Desa Kayangan. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 1038–1045. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v4i2.3054

Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301

Handayani, S. P. M., & Bambang Eka Purnama. (2013). Pembuatan Website E-Commerce Pada Distro Java Trend. Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika Dan Komputer FTI UNSA, 2(1), 18–24.

Ilham Syahrul Jiwandono, Oktaviyanti, I., Khairunnisa, Muhammad Yusuf Malindra, Egi Erlangga, Ni Putu Widiastini, Smartha Dayana Putri, Ali Alfian, & Sofyan Hadi. (2022). Pengolahan Buah Anggur Dan Mangga Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Wirausaha Masyarakat Desa Sokong Kecamatan Tanjung Lombok Utara. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.29303/interaktif.v2i1.50

Komputer, J. (2013). Fakultas ilmu komputer.

Kusumawardhani, R., Kurniawan, I. S., & Ningrum, N. K. (2020). Pelatihan Pemasaran Digital dan Manajemen Usaha Untuk Akselerasi Kinerja UKM Pengrajin Bambu di Desa Tirtoadi, Mlati, Sleman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 11–17.

Majdi, M. Z., Susilawati, S., Muhammad, F., & Nurhastusti, N. (2020). Peran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dalam Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Di Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 4(2), 236–242. https://doi.org/10.29408/jpek.v4i2.2827

Maria, E., Suharyadi, S., & Hudiono, R. K. (2021). Implementasi pemasaran digital berbasis website sebagai strategi kenormalan baru Dusun Srumbung Gunung pasca Covid-19. Riau Journal of Empowerment, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.31258/raje.4.1.1-10

Mertha, I. G. (2019). Pemanfaatan Kotoran Sapi Menjadi Pupuk Organik Di Desa Mas-Mas Kecamatan Batukliang Utara Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(1), 94–98. https://doi.org/10.29303/jwd.v1i1.25

Minarni. (2017). Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 147-.

Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29574

Prihanta, W., & Purwanti, E. (2022). Rintisan Pelestarian dan Pengembangan Budidaya Anggur di Desa Sumberbulu Kecamatan Tegalsiwalan Kabupaten Probolinggo. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(4), 726–738. https://doi.org/10.36312/sasambo.v4i4.960

Rahmayani, M. W., Riyadi, W., & Hernita, N. (2022). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING UKM MADU CITAYEUM. 3(4), 907–910. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3392

Satria, D., Arif, M., & Hafrida, E. (2021). Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.177

Downloads

Published

2024-12-18

How to Cite

Ika Agustina, F., Wira Jayadi, L., Ishariaty Wika Utary, B., & Mariana, M. (2024). Peningkatan Omzet Para-Para Anggur di Desa Mas-Mas melalui Pemasaran Digital Berbasis Media Sosial dan Website. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 179–187. https://doi.org/10.52072/abdine.v4i2.907