Penyuluhan Literasi Keuangan Rumah Tangga Di Desa Massamaturu
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v3i2.676Keywords:
Literasi Keuangan, Manajemen Keuangan, Ibu Rumah Tangga, Digital Marketing, InovasiAbstract
Warga Desa Massamaturu banyak menjadi petani tebu untuk memenuhi kebutuhanya, tetapi usaha tani tebu ini masih kurang dari sisi pendapatan , dikarenakan harga gula dipasaran sering mengalami penurunan. Melihat kondisi ini, melalui dana desa warga di berikan fasilitas berupa pasar dan di buatkan kios, di berikan modal usaha agar pendapatan warga di daerah tersebut bisa meningkat namun fasilitas tersebut tidak dimanfaatkan oleh warga desa, usaha yang banyak dijalankan oleh ibu - ibu rumah tangga ini tidak bertahan lama. Berdasarkan hasil analisis, pengetahuan ibu – ibu terkait manajemen keuangan sangat terbatas. Oleh karena itu tujuan dari kegiatan pengabdian ini perlunya dilakukan sosiasilisasi tentang literasi manajemen keuangan bagi ibu rumah tangga agar mereka memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan. Hasil kegiatan pengabdian memperlihatkan bahwa peserta sudah memahami cara memisahkan modal usaha dan keuangan rumah tangga. Kiat memasarkan produk secara online adalah dengan memanfaatkan jejaring media sosial yang dimiliki seperti facebook,intagram dan whatsapp. Karena sejatinya kita telah memiliki akses terhadap dunia digital tinggal memanfaatkan akses yang kita miliki. Agar produk yang kita miliki bisa bersaing dengan produk lain maka produk yang kita miliki harus punya ciri khas sendiri mulai dari rasa, kemasan dan nama. Selain itu dibutuhkan inovasi supaya produk kita bisa bersaing dengan produk lainnya.
Downloads
References
Arif, M. and Desyanti, D. (2021) ‘Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Pembuatan Pot Bunga Kekinian Untuk Masyarakat Perumahan Baruna’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 8–13. doi: 10.52072/abdine.v1i1.160.
Detty, R., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Parahyangan, U. K. (2013). Bagi Para Ibu Rumah Tangga Di Daerah Dayeuh (pp. 1–7). Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
Diana, D. L. F., Prasetyo Utomo, A. and Nugraha, F. (2021) ‘Pengembangan dan Sosialisasi Aplikasi E-Commers Parea di KUBE Sekar Muria Hadipolo Kudus’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 184–189. doi: 10.52072/abdine.v1i2.204.
Dirman, A., Hakim, A. and Setiany, E. (2022) ‘Edukasi dan Pelatihan Investasi Keuangan Untuk Pelajar Sebagai Investor Pemula di SMK Al-Ihsan Jakarta Barat’, Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), pp. 73–77. doi: 10.34312/ljpmt.v1i2.15442.
Koesoema, Doni, dkk (2017) ‘erakan Literasi ’ iNasional’.
Novieningtyas, A. (2018) ‘Pentingnya Edukasi Literasi Keuangan Sejak Dini’, journal MANNERS Universitas Katolik Parahyangan, I(2), pp. 133–137.
OJK. (2017). Perencanaan Keuangan Keluarga. Perencanaan Keuangan Keluarga Dan Dampaknya Terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, 1–42. https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/images/FileDownload/25_Buku_Perencanaan_Keuangan.pdf
Parenden, A. and Hatidja, S. (2022) ‘Pelatihan Pengenalan Inovasi Usaha Melalui Sosial Media di Desa Lamanda Kab Bulukumba’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 242–248. doi: 10.52072/abdine.v2i2.458.
Ramlawati, R., Mulang, H. and Serang, S. (2022) ‘Literasi Manajemen Keuangan Keluarga dalam Mengatasi Maraknya Tawaran Pinjaman Online pada Ibu Rumah Tangga di Desa Paddinging Kabupaten Takalar’, Celebes Journal of Community Services, 1(2), pp. 20–26. doi: 10.37531/celeb.v1i2.237
Rodhiyah, O. (2006) ‘3202-6919-1-Sm’
Satria, D., Arif, M. and Hafrida, E. (2021) ‘Pelatihan Kewirausahaan Bina Bisnis Online Pemasaran Produk Makanan Dan Reseller Untuk Kelompok Perwiridan Al Mubarok’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp. 20–25. doi: 10.52072/abdine.v1i1.177.
Siska, Elmira, Nurlaela Eva Puji Lestari, Lela Ervira, and Siti Mabrur Rachmah. 2021. “Peningkatan Kemampuan Pelaporan Dan Analisis Laporan Keuangan Pada PT Jaya Persada Indonesia.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2): 94–102.
Sudrajat, B., Roma Doni, F. and Herlan Asymar, H. (2021) ‘Literasi Digital Untuk Penjualan Bagi Komunitas UMKM Kuliner Pasar Lama Tangerang’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp. 140–146. doi: 10.52072/abdine.v1i2.211.
Cara Memisahkan Uang Pribadi dan Uang Usaha, Agar Bisnis Siap Naik Kelas
Https://Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Cara-Memisahkan-Uang-Pribadi-Dan-Uang-Usaha-Agar-Bisnis-Siap-Naik-Kelas
Digital Marketing : Pengertian Dan Jenis Strategi Penerapan Bisnis
Https://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/Mengenal-Digital-Marketing-Konsep-Dan-Penerapannya/