Pelatihan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Survei Kepuasan Daring Pada DISDUKCAPIL Kota Marabahan

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.559

Keywords:

Disdukcapil, Layanan Pengaduan, Pelatihan, Survei Kepuasan Daring

Abstract

Tugas utama Disdukcapil Kota Marabahan adalah melakukan perekaman dan pencatatan data kependudukan, selain itu melakukan pengawasan pelaksanaan kegiatan kependudukan dan pencatatan sipil. Dalam pelaksanaannya sudah terdapat beberapa aplikasi yang berhubungan dengan perekaman dan penerbitan dokumen kependudukan, tetapi belum ada aplikasi yang berfungsi untuk mengawasi kinerja yang telah dilakukan, seperti pengaduan dan saran serta survei kepuasan masyarakat, untuk itu dibangun aplikasi yang diberi nama Sistem Informasi Layanan Pengaduan dan Survei Kepuasan Daring. Aplikasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengajukan saran dan pengaduan demi meningkatkan pelayanan ke arah yang lebih baik atau memberikan survei kepuasan terkait dengan layanan yang diberikan oleh Disdukcapil Kota Marabahan. Untuk memberikan pemahaman terhadap tata cara dan teknis penggunaan aplikasi tersebut, maka perlu dilakukan sosialisasi kepada pihak terkait tentang penggunaan sistem tersebut. Sosialisasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas dan masyarakat mengenai cara menggunakan aplikasi, manfaatnya, serta tujuan dari pengaduan dan survei kepuasan secara daring. Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah tutorial, demonstrasi dan praktik mandiri, serta diskusi tanya jawab. Hasil dari pengabdian ini adalah keterampilan dan pengetahuan para peserta kegiatan pengabdian semakin bertambah, terbukti dari hasil kemampuan mengerjakan beberapa tugas yang diberikan, sebagian besar lebih mengerti dan siap untuk migrasi dari proses manual ke aplikasi daring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Desyanti, D., Suhaidi, M., & Sari, F. (2022). System Usability Scale (SUS) Pada Bank Sampah Digital Sebagai Solusi Penanganan Sampah. Journal of Information System Research (JOSH), 4(1), 292-299. https://doi.org/10.47065/josh.v4i1.2263

Desyanti and Wetri Febrina (2020) ‘Pemodelan Unified Modelling Language (UML) dalam Pembuatan Aplikasi Data Penduduk’, SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, 6(2), pp. 56–66. Available at: https://doi.org/10.33372/stn.v6i2.668.

Eva Batubara, Y. and Rohmadin, S. (2022) ‘Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Dalam Meningkatkan Tertib Administrasi Kependudukan Di Kabupaten Majalengka’, Jurnal Konstituen, 4(2), pp. 132–144. Available at: https://doi.org/10.33701/jk.v4i2.2921.

Fitra, M.F. and Syukri, S. (2023) ‘Rancang Bangun E-Survei Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pemerintahan Desa’, Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 11(1), pp. 80–87. Available at: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index.

Mardhatillah, Y. and Novella, Y. (2022) ‘Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pelayanan Kependudukan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buleleng’, Jurnal Konstituen, 4(2), pp. 114–131.

Nubatonis, D., Neolaka, M.N.B.C. and Djani, W. (2019) ‘Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Timor Tengah Selatan (Kasus Pemilikan Akte Kelahiran 0-18 Tahun di Kabupaten Timor Tengah Selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur)’, Jurnal Visioner, 11(4), pp. 587–607.

Pemerintah Kab. Barito Kuala (2017) Profil Disdukcapil Kab. Barito Kuala. Available at: https://dukcapil.baritokualakab.go.id/statis-8-mottosemboyan.html (Accessed: 15 March 2023).

Rais Wathani, M. et al. (2023) Pelatihan Aplikasi Pelayanan Administrasi Kependudukan Daring Pada Disdukcapil Kabupaten Barito Kuala.

Rifai, Z. and Meiliana, D. (2020) ‘Pendampingan Dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi UMKM Terdampak Pandemi COVID-19’, BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), pp. 604–609. Available at: https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.

Rudiansyah, Y.A., Argenti, G. and Febriantin, K. (2021) ‘Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Masa Pandemi COVID 19 Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil’, Jurnal KINERJA, 18(4), pp. 513–520. Available at: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA.

Thaha, S., Hatidja, S. and Hasniati (2021) ‘Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Di Kecamatan Turikale Kabupaten Maros’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), pp. 133–139.

Urva, G., Pratiwi, M. and Oemara Syarief, A. (2021) ‘E-Learning Berbasis Edmodo Untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(01), pp. 41–47.

Wahyudi, F. and Utomo, L.T. (2022) ‘Pelatihan Pengembangan Profesi Guru Melalui Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Dan Karya Inovatif di SMAN 1 Sumberpucung’, ABDINE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), pp. 137–142.

Yurindra, Y., Sarwindah, S. and Irawan, D. (2021) ‘Rancangan Prototype Layanan Pengaduan Masyarakat Melalui Kantor Desa Berbasis Android’, Jurnal SISFOKOM (Sistem Informasi dan Komputer), 10(3), pp. 444–450. Available at: https://doi.org/10.32736/sisfokom.v10i3.1295.

Published

2023-06-27

How to Cite

Pelatihan Sistem Informasi Layanan Pengaduan Dan Survei Kepuasan Daring Pada DISDUKCAPIL Kota Marabahan. (2023). ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58-66. https://doi.org/10.52072/abdine.v3i1.559