Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Dengan Bantuan Kecerdasan Buatan di SMKS Budi Dharma Dumai

Authors

  • arimuliani ahmad Universitas Islam Riau
  • Fauzul Etfita Universitas Islam Riau
  • Sri Wahyuni Universitas Islam Riau
  • estika satriani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.440

Keywords:

AI, Kecanggihan Buatan, Belajar mandiri

Abstract

Menulis teks dalam bahasa Inggris merupakan sebuah tantanganbesar bagi sebagian besar siswa-siwa di tingkat menengah atas, terlebih di SMKS Budhi Dharma. Hal ini dikarenakan banyaknya komponen-komponen terkait yang harus dikuasai siswa untuk menghasilkan tulisan yang bagus dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kurangnya latihan dan feedback yang diberikan oleh guru cenderung menjadi salah satu permasalahan yang menyebabkan fenomena ini terjadi. untuk menyikapi hal ini, tim PkM  menawarkan solusi penggunaan AI (Artificial Intellegence) dalam proses menulis untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis dalam bahasa Inggris secara efektif dan efisien. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa mayoritas siswa memberikan respon positif terhadap pendampingan yang telah diberikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Arimuliani., Mukhaiyar, & Atmazaki. (2022). Exploring digital tools for teaching essay writing course in higher education: Padlet, Kahoot, YouTube, Essaybot, Grammarly. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 16(13), 200–209. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i13.30599

Choi, J. Y., & Kim, G. Y. (2021). Correlation analysis between writing attitude and writing difficulty of vocational high school students. Korean Language and Literature, 119, 131–158. https://doi.org/10.21793/koreall.2021.119.131

Hartono, H., & Maharani, M. M. (2020). English writing anxiety and the writing problems of Indonesia EFL learners. Proceedings of the 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019). http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200225.111

Hartono, H., & Maharani, M. M. (2020). English writing anxiety and the writing problems of Indonesia EFL learners. Proceedings of the 2nd Social and Humaniora Research Symposium (SoRes 2019). http://dx.doi.org/10.2991/assehr.k.200225.111

Karmila Sari, R., & Raga Paksi, G. (2022). Pendampingan Guru Pembimbing Karya Ilmiah Siswa MTs . ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 18-27. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.289.

Linden, M. J., & Whimbey, A. (2020). Subject-Verb agreement problems. In Analytical Writing & Thinking (pp. 53–62). Routledge. http://dx.doi.org/10.4324/9781003064015-13

Nur, J. (2019). Errors In Using Diction And Grammar Of Students’ Final Course Academic Writing Of Department Of English Education At Jakarta State University. English Language Teaching for EFL Learners, 1(1), 63. https://doi.org/10.24252/elties.v1i1.7248

Rutter, N. (2020). Developing, maintaining and using active learning resources for online learning and teaching. In Tertiary Online Teaching and Learning (pp. 71–85). Springer Singapore. http://dx.doi.org/10.1007/978-981-15-8928-7_7

Syaprizal, S., & Ramadona, R. (2018). An errors analysis in using tenses of students writing text at senior high school. Linguistic, English Education and Art (LEEA) Journal, 1(2), 205–215. https://doi.org/10.31539/leea.v1i2.252

Zemach, D. E., & Rumisek, L. A. (2006). Academic writing from paragraph to essay. Macmillan Elt.

Zhao, X. (2022). Leveraging artificial intelligence (AI) technology for English writing: Introducing wordtune as a digital writing assistant for EFL writers. RELC Journal, 003368822210940. https://doi.org/10.1177/00336882221094089

Published

2022-12-15

How to Cite

ahmad, arimuliani, Etfita, F. ., Wahyuni, S., & satriani, estika. (2022). Pelatihan Penulisan Teks Bahasa Inggris Dengan Bantuan Kecerdasan Buatan di SMKS Budi Dharma Dumai. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 233-241. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.440