Pembelajaran Bahasa Inggris Terbatas bagi Pelajar yang Terkena Dampak Covid-19 di KotaWaingapu
DOI:
https://doi.org/10.52072/abdine.v2i2.392Keywords:
Covid-19, Pembelajaran, Luring, Daring, Bahasa InggrisAbstract
PKM ini dilatarbelakangi oleh situasi para pelajar SD/SMP yang terkena dampak Covid-19 secara langsung dimana para pelajat harus melakukan pembelajaran secara daring dari rumah. Situasi ini membuat para pelajar merasa bosan dan stres selama pembelajaran secara online di rumah. Selain itu, para pelajar juga mengalami kesulitan untuk menggunakan aplikasi pembelajaran online. Berdasarkan permasalahan diatas, maka PkM Unkriswina Sumba melakukan pembelajaran bahasa Inggris dasar secara luring kepada para pelajar yang terkena dampak Covid-19 secara langsung yang dilakukan di kelurahan Hambala, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumba Timur – NTT di salah satu rumah warga setempat. Pembelajaran ini diikuti oleh 7 orang siswa dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat berdasarkan anjuran pemerintah. Metode PkM ini adalah dengan memberikan kelas pembelajaran bahasa Inggris yang dilakukan 2 atau 3 kali dalam seminggu selama 3 bulan (September – November 2021) dengan durasi 1,5 jam. Pembelajaran dilakukan secara interaktif dan menyenangkan dengan berbagai macam aktifitas yang dapat merangsang kemampuan pelajar dalam menggunakan bahasa Inggris. Pembiayaan PkM ini sepenuhnya bersumber dari dana LPPM Unkriswina Sumba tahun anggaran 2021. Hasil dari pembelajaran ini diharapkan dapat mengisi aktivitas dirumah selama sekolah ditiadakan dan serta mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris para pelajar yang bersangkutan sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Downloads
References
Coronavirus.(2020). Diakses dari: https://www.who.int/health- topics/coronavirus#tab=tab_1 Coronavirus Disease (COVID-19) Pandemic. (2020).
Dooley, Jenni dan Evans, Virginia. (2006). Grammar Way 1. UK: Express Publishing.
Grainger, K. Phillips, S., dan Slattery, M. (2012). Incredible English 2. UK: Oxford University Press.
Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176
Indrawati, M., Prihadi, C., & Siantoro, A. (2020). The Covid-19 Pandemic Impact on Children’s Education in Disadvantaged and Rural Area Across Indonesia. International Journal of Education (IJE), 8(4), 19-33. Diakses dari: https://airccse.com/ije/abstract/8420ije03.html
Nicola, M., Alsafi, Z., Sohrabi, C., Kerwan, A., Al-jabir, A., Iosifidis, C., Agha, M., & Agha, R. (2020). The socio-economic implications of the coronavirus pandemic (COVID-19): A review. International Journal of Surgery, 78(January), 185–193. Diakses dari: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.04.018
PP No. 21 Tahun 2020. Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019. Jakarta: Pemerintah Pusat. Diakses dari: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/135059/pp-no-21-tahun-2020
Ridho, S. (2020, Agustus 12). Pendidikan Daring di Masa Covid-19. Kompas.com. Diakses dari: https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all.
Rulandari, N. (2020). The Impact of the Covid-19 Pandemic on the World of Education in Indonesia. Ilomata International Journal of Social Science, 1(4), 242-250. Diakses dari: https://doi.org/10.52728/ijss.v1i4.174
Santosa, B., Ari (2020). Potret Pendidikan di Tahun Pandemi: Dampak COVID-19 Terhadap Disparitas Pendidikan di Indonesia. CSIS Indonesia. Diakses dari: https://www.csis.or.id/download/279-post-2020-06-05-DMRU_079_ID_Santosa.pdf
Swan, M., Walter, C. (1986). Cambridge English Course. Australia: Cambridge University Press.
Indrawati, M., Prihadi, C., & Siantoro, A. (2020). The Covid-19 Pandemic Impact on Children’s Education in Disadvantaged and Rural Area Across Indonesia. International Journal of Education (IJE), 8(4), 19-33.