Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Perekam Layar di Madrasah Ibtidaiyah Far'ul Hidayah Depok

Authors

  • Dewi Anjani Universitas Indraprasta PGRi
  • ulfa Univerrsitas Indraparasta PGRI
  • Desi Novianti Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.322

Keywords:

Media Pembelajaran, Aplikasi Loom, Video Pembelajaran

Abstract

Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Far'ul Hidayah Depok menggunakan metode online pada masa pandemi, dimana metode ini memanfaatkan jaringan online. Guru memberikan bahan ajar kepada orang tua melalui media online seperti WhatsApp dan Google Classroom. Kemudian siswa akan belajar di rumah didampingi oleh orang tua dan mengirimkan tugas sesuai petunjuk melalui media yang sama. Metode pembelajaran ini menurunkan kualitas pembelajaran, terbukti dengan turunnya nilai rata-rata siswa dibandingkan dengan tatap muka (Offline). Menurunnya nilai siswa disebabkan oleh menurunnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan, salah satunya karena para pendamping pembelajaran khususnya siswa sekolah dasar masih kurang memahami materi yang diberikan. Guru hanya menggunakan media ajar konvensional, seperti memberikan materi berupa teks, dimana tidak ada materi pembelajaran visual dan audible (audio visual) yang dapat menyampaikan pesan/materi pelajaran. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang memperkenalkan dan memberikan pelatihan pembuatan video pembelajaran menggunakan Aplikasi Screen Recorder. PKM ini bertujuan agar pembelajaran lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa. Dimana metode pelaksanaan program ini berupa pelatihan secara online, dengan melibatkan 3 narasumber dan 20 guru. Dari hasil kegiatan bahwa sekitar 80% peserta sudah bisa menggunakan Zoom sebagai aplikasi perekam untuk membuat video sebagai media pembelajaran, sehingga para guru sudah dapat menyajikan pembelajaran dalam bentuk yang menyenangkan, menarik, mudah dimengerti dan jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariasih, N.K. et al., 2020. Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bersama Komunitas Guru Belajar Denpasar Berbasis Daring. Sinaptek, 1(1), pp.41–48.

Cheppy, R., 2007. Pedoman Pengembangan Media Video, Jakarta: P3AI UPI.

Desyanti, Febrina sari, revaldi fauzi, 2021. Video Animasi 2D Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Laboratorium. , 13(2), pp.56–60.

Fauzi Yusa Rahman et al., 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ‘Ulum. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), pp.87–93.

Hardianti, H. & Asri, W.K., 2017. Keefektifan Penggunaan Media Video Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xii Ipa Sma Negeri 11 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), pp.123–130.

Ruangguruku, 2021. Pengertian Media Pembelajaran. Ruangguruku.

Sari, F. et al., 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), pp.14–19.

Suardika, I.K., 2016. Pengembangan Video Pembelajaran Kebugaran Jasmani Berlandaskan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreas, 2(agustus), pp.93–101.

Sunardi, D., Sahputra, E. & Hidayah, A.K., 2021. Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan, 1(1), pp.29–34.

Vardiansyah, D., 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Kalimantan Timur: PT. Indeks.

Wahyuningsih, D. et al., 2020. Pelatihan Video Media Pembelajaran Selama Covid-19 Untuk Guru Smk Negeri 2 Pangkal pinang. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 1(2), pp.12–26.

Published

2022-06-24

How to Cite

Anjani, D., Pauziah, U. ., & Novianti, D. . (2022). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Perekam Layar di Madrasah Ibtidaiyah Far’ul Hidayah Depok. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 69-79. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.322